Breaking News:

Info BMKG

Jawa Timur Berpotensi Diguncang Gempa M 8,7 dan Tsunami 29 Meter, BMKG: Potensi Bukan Prediksi

Berdasarkan hasil perhitungan pemodelan matematis, pantai selatan Jawa Timur berpotensi diguncang gempa berkekuatan maksimal M 8,7 dan potensi tsunami

Editor: Gryfid Talumedun
via sindonews
Gempa di Turki disertai Tsunami. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pekan lalu, Kompas.com mengutip BMKG terkait pemodelan gempa bumi dan tsunami yang bisa terjadi di Jawa Timur.

Berdasarkan hasil perhitungan pemodelan matematis, pantai selatan Jawa Timur berpotensi diguncang gempa dengan kekuatan maksimal M 8,7 dan potensi tsunami dengan tinggi maksimal 29 meter.

Sebelumnya, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika menegaskan bahwa gempa magnitudo 8,7 yang diikuti tsunami setinggi 29 meter di sepanjang pesisir selatan Jawa Timur adalah potensi, bukan prediksi.

Hal itu ditegaskan BMKG dalam siaran pers yang diunggah website resminya, bmkg.go.id.

Ilustrasi <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/gempa-bumi' title='gempa bumi'>gempa bumi</a>, gempa tektonik, gempa merusak.

Pernyataan BMKG itu untk meluruskan sejumlah media online terkait fenomena bencana alam dahsyat itu.

Lembaga BMKG menyampaikan empat klarifikasi terkait kabar yang beredar tentang gempa skala besar dengan tsunami sangat tinggi itu.

Pertama, BMKG menyatakan bahwa Indonesia sebagai wilayah aktif dan rawan gempa bumi memiliki potensi gempa yang dapat terjadi kapan saja dengan berbagai kekuatan (magnitudo).

Kedua, sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi waktu gempa bumi dengan tepat dan akurat, dan besaran kekuatannya.

Oleh karena itu, BMKG menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved