Breaking News:

Berita Talaud

Danlanal Perbatasan Imbau Pengguna Laut Utamakan Keamanan dan Keselamatan Berlayar

Kondisi cuaca maritim di wilayah perairan utara dan samudera Pasifik saat ini kurang baik, sering terjadi angin kencang dan ombak yang cukup besar

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: David_Kusuma
Kolase/Lanal Melonguane
Penyelamatan di Perairan Talaud 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kondisi cuaca maritim di wilayah perairan utara dan samudera Pasifik saat ini kurang baik, sering terjadi angin kencang yang mengakibatkan ombak yang cukup besar di laut.

Hal ini membuat meningkatnya potensi kerawanan bagi pengguna laut, khususnya pengguna kapal/perahu kecil.

Konstelasi wilayah Kabupten Kepulauan Talaud yang merupakan daerah kepulauan, dimana beberapa pulau terletak cukup jauh dari Pulau Karakelang yang merupakan pusat pemerintahan, menjadikan aktivitas pengguna laut antar-pulau cukup tinggi, selain aktivitas nelayan yang mencari ikan. 

Dalam beberapa waktu terakhir, di perairan kepulauan Talaud telah terjadi beberapa kali insiden di laut yang berpotensi mengancam keselamatan pengguna laut.

Hari Sabtu (29/6/2021) malam lalu Lanal Melonguane berhasil melaksanakan SAR dan evakuasi kapal dan penumpang di Perairan Ganalo.

Baca juga: Diduga Sengaja Abaikan Prokes, Kaban Kesbangpol Tomohon: Maklum Saja Masih Manusia

Rombongan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud yang selesai menjalankan tugas di Pulau Terluar, saat akan kembali ke Melonguane menggunakan speed boat mengalami permasalahan saat masih di tengah laut.

Speed boad yang ditumpangi kemasukan air yang cukup banyak akibat ombak yang cukup besar sehingga kapal dalam kondisi miring.

Pompa penguras air terendam sehingga tidak berfungsi dan nyaris mengakibatkan kecelakaan.

Letkol Marinir Adi Sucipto ST MTr Hanla (Komandan Lanal Melonguane) yang mendapatkan laporan kejadian tersebut kemudian memerintahkan KAL P Karakelang yang dikomandani oleh Kapten Laut (P) Idul Fahirun SH, yang saat itu sedang melaksanakan patroli untuk melaksanakan SAR dan Evakuasi.

Walau pun kondisi saat itu malam hari dengan cuaca yang gelap, namun dengan menggunakan radar serta berbagai peralatan yang dimiliki, akhirnya speed boad yang mengangkut rombongan tenaga kesehatan tersebut dapat ditemukan dan berhasil dievakuasi dengan selamat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved