Breaking News:

Berita Sitaro

Pencarian Nelayan Asal Buhias Sitaro Dihentikan, Keluarga Korban Iklas

Komandan Pos SAR Tahuna, Steven Lumowa menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya sejak hari pertama pencarian.

Istimewa.
Proses pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Upaya pencarian terhadap Wilter Lahansang (58), nelayan asal Kampung Buhias Lindongan II Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang hilang pada pekan lalu saat melaut dihentikan, Kamis (27/05/2021).

Hal ini sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas.

Di mana jika korban belum ditemukan dalam waktu tujuh hari sejak laporan diterima, maka proses pencarian dihentikan.

Komandan Pos SAR Tahuna, Steven Lumowa menjelaskan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya sejak hari pertama pencarian.

Mulai dari penyisiran di titik hilangnya korban, di lokasi penemuan perahu milik korban hingga penyisiran di daerah pesisir.

"Termasuk kawasan pesisir di pulau-pulau yang ada di sekitar Buhias maupun sepanjang pantai di beberapa desa di Kecamatan Siau Barat Selatan," kata Lumowa, Jumat (28/05/2021).

Proses pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan beberapa waktu lalu.
Proses pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan beberapa waktu lalu. (Istimewa.)

Dari pencarian yang berlangsung selama tujuh hari ini, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari unsur Pos SAR Tahuna, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, TNI dan Polri, masyarakat serta keluarga korban belum menemukan tanda apapun dari korban.

"Berdasarkan petunjuk satelit dari kantor kami. Arus mengarah ke perairan laut halmahera," ungkap Lumowa.

Meski operasi pencarian telah dihentikan, namun Pos SAR Tahuna tetap melakukan upaya pemantauan dengan cara berkoordinasi bersama semua potensi SAR yang ada di seluruh wilayah.

"Kita ganti metode pencarian dengan cara pemantauan melibatkan semua unsur terkait. Ketika ada informasi atau perkembangan terkait korban yang hilang ini, pihaknya akan bergerak," terang Lumowa.

Halaman
123
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved