Breaking News:

News Analysis

Hadapi 2024, Pengamat Politik Nilai NasDem Sulut Harus Jeli dan Selektif Usung Calon

Termasuk di Sulawesi Utara, Partai Pimpinan Surya Paloh ini cukup diperhitungkan, baik di legislatif ataupun di perebutan eksekutif.

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Rizali Posumah
isitmewa
Pengamat Politik Josef Kairupan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Meski masih jauh, namun Partai NasDem diprediksi bakal menjadi kandidat kuat di Pemilu 2024.

Termasuk di Sulawesi Utara, Partai Pimpinan Surya Paloh ini cukup diperhitungkan, baik di legislatif ataupun di perebutan eksekutif.

Lantas bagaiamana kekuatan NasDem Sulut di Pemilu 2024 nanti?

Menurut Akademisi Unsrat Josef Kairupan konstalasi politik mengalami progress yang sangat cepat.

Apalagi prrediksi-prediksi awal kenyataannya banyak juga yang meleset.

Di mana kekuatan Nasdem dalam kancah politik nasional saat ini cenderung mengalami kemunduran jika dinilai dari aspek kekuasaan yang berhasil diraih dari hasil pilkada 2020 lalu.

"Disaat awal Pilpres 2019 Nasdem lebih condong untuk memilih sebagai partai oposisi walaupun pada kenyataannya Nasdem sempat mendapatkan jatah kabinet masa pemerinthan periode pertama Jokowi. Hal ini bisa menjadi pembentukan opini positif untuk menarik perhatian publik bagi Nasdem, apalagi  tidak ada partai lain dalam koalisi pemerintah melakukan hal ini," nilainya 

Pada kenyataannya partai koalisi pemerintah akan kehilangan daya kritisnya untuk melihat kebijakan pemerintah secara objektif karena adanya transaksi politik.

Dengan mendapatkan jatah dalam kabinet, sehingga Nasdem mencoba memperlihatkan kepada publik bahwa Partainya berbeda dan jauh dari pandangan negatif tersebut.

"Langkah ini dapat saja menjadi langkah antisipatif jika performa  politik dan pemerintahan dari Jokowi-Ma'ruf buruk, maka secara politik yang cenderung akan mendapat insentif elektoral yang melimpah adalah partai oposisi," jelas Dosen Fispol Unsrat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved