Breaking News:

Berita Minahasa

Brigade Manguni Bangkit Kembali ke Format dan Cita-cita Awal Organisasi

“Rakernas BM minggu lalu di Hotel Sintesa Peninsula Manado yang dibuka Danrem 131 Santiago adalah rangkaian hasil Musyawarah Adat Wangko."

Penulis: Lefrando Andre Gosal
Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Sekretaris Jendral BM, Matulandi Supit, 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Brigade Manguni (BM) pada Sabtu (27/05) akhir pekan lalu menjadi momentum untuk mengembalikan roh awal berdirinya organisasi adat dan budaya ini.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jendral BM, Matulandi Supit, SH.

“Rakernas BM minggu lalu di Hotel Sintesa Peninsula Manado yang dibuka Danrem 131 Santiago adalah rangkaian hasil Musyawarah Adat Wangko yang diadakan tahun lalu dan pada HUT BM ke-19 dicanangkan kembalinya Ormas Brigade Manguni pada format dan cita2 awal yaitu Ormas Adat Brigade Manguni,” ucap Supit yang juga merupakan Sekjen BM pertama.

Baginya, BM lahir dari kecintaan masyarakat terhadap eksistensi Minahasa.

Oleh karena itu, semangat awal yang telah berhadapan dengan tantangan zaman harus kembali ditanamkan sebagai cita-cita organisasi.

“Kembali ke roh BM diyakini sebagai cikal-bakal kecintaan dan tanggungjawab terhadap eksistensi Minahasa yang menginginkan kedamaian dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Ditambahkannya, BM yang lahir awal tahun 2000 an telah mengalami banyak sekali dinamika dalam perjalanannya.

Namun hingga saat ini tetap eksis karena diikat oleh komitmen bersama untuk memajukan Minahasa.

“BM sendiri sebagai organisasi kemasyarakatan yang sejak awal tahun 2000-an telah melaui dinamika organisasi yang dipenuhi tantangan baik eksternal maupun internal. Kecintaan terhadap Minahasa yang terus merekat BM hingga boleh terus ada sampai saat ini,” jelas Supit.

Dirinya berharap kebangkitan BM pasca Rakernas 2021, akan menjadi pemicu kebangkitan organisasi serta usaha-usaha untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved