Berita Talaud

Harkitnas 2021, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud: Mari bangkit dari pandemi

Mengutip Kemendikbud RI, latar belakang Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, dan kesadaran.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud, Jakop Mangole 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas) sarat dengan sejarah perjuangan bangsa.

Mengutip Kemendikbud RI, latar belakang Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud, Jakop Mangole mengatakan, disinkronkan dengan kondisi sekarang yang masih berada dalam pandemi Covid 19, memontum Harkitnas ke -113 tahun 2021 kiranya dimaknai sebagai kebangkitan kita sebagai anak bangsa.

"Khususnya di kabupaten Kepulauan Talaud untuk tetap bersama - sama dalam semangat persatuan dan kesatuan bangkit dari keterpurukan, terus maju dalam pembangunan pada berbagai bidang yang semuanya bermuara pada kesejahteraan rakyat," ujar Mangole Rabu (19/5/2021). 

Menurutnya pandemi Covid - 19 merupakan bagian dari tantangan untuk bangkit dari keterpurukan.

"Bangkit untuk terus maju, menjadi sejahtera. Karena inti dari pembangunan adalah maju dan sejahtera. Jangan Covid - 19 jadi penghalang bagi kita, namun demikian kita harus tetap waspada dan mematuhi anjuran pemerintah seperti kepatuhan terhadap protokol kesehatan, " ujar Mangole.

Hal senada juga dikatakan Ketua KNPI Talaud, Suyanto Matoneng.

"Kebangkitan Nasional tahun ini menjadi momentum kita bangkit dan terus maju pantang mundur, khususnya bagi para generasi muda penerus bangsa. Mari bersatu padu, " ajak Matoneng

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2021, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah mengeluarkan pedoman penyelenggaraan Harkitnas . 

Peringatan Harkitnas tahun ini yang masih dalam suasana Pandemi COVID-19, setidaknya telah mengubah cara dan gaya hidup banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Atas hal tersebut, maka tema Harkitnas yang ke-113 tahun ini pada 20 Mei 2021 adalah "Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!".

Tema ini dipilih sebagai pengingat bahwa Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Bangsa yang tangguh tentu saja bisa menghadapi semua persoalan dan tantangan yang ada saat ini.

Tujuan peringatan Harkitnas ke-113 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari Pandemi Covid-19. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved