Breaking News:

Berita Talaud

Lanal Melonguane Pelopori Budidaya Rumput Laut Sistem Keramba di Desa Alo Talaud

Lanal Melonguane kembali melakukan inovasi di daerah perbatasan paling utara NKRI yang menjadi wilayah kerjanya dengan mempelopori budidaya rumput.

Penulis: Ivent Mamentiwalo
Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Lanal Melonguane melakukan kegiatan uji coba budidaya rumput laut sistem keramba. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoPangkalan Angkatan Laut (Lanal) Melonguane kembali melakukan inovasi di daerah perbatasan paling utara NKRI yang menjadi wilayah kerjanya dengan mempelopori budidaya rumput laut sistem keramba jaring apung. 

Sebagaimana yang disampaikan pihak Lanal Melonguane kepada tribunmanado.co.id melalui rilis, Rabu (12/5/2021), kegiatan uji coba budidaya rumput laut sistem keramba tersebut telah mulai dilaksanakan beberapa waktu lalu di Desa Alo Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud.   

Di mana Desa Alo sendiri  adalah cikal bakal Kampung Bahari Nusantara di wilayah kepulauan Talaud.

Ide budidaya rumput laut sistem keramba jaring tersebut dilatarbelakangi adanya keengganan masyarakat untuk melaksanakan budidaya rumput laut karena pengalaman mereka yang gagal.

Pasalnya, rumput laut yang mereka budidayakan dirusak oleh ikan-ikan.

Letkol Marinir Adi Sucipto, Kemudian berupaya mencari pemecahan atas permasalahan tersebut.

Setelah mencari berbagai referensi, ia kemudian membuat desain keramba jaring apung menggunakan paralon serta memerintahkan Babinpotmar Lanal Melonguane a.n. Serka SAA Joko Pambudi dan KLK Pom Rohmat Basuki untuk mengerjakan pembuatan keramba tersebut.

Setelah mendapatkan bibit rumput laut yang dipesan dari Manado, Babinpotmar dengan dibantu para prajurit Lanal Melonguane kemudian melaksanakan penaburan bibit rumput laut di keramba jaring dari paralon serta keramba jaring apung milik masyarakat yang tidak dipergunakan di desa Alo.

Pemantauan dan evaluasi ujicoba budidaya rumput laut sistim keramba terus dipantau oleh Danlanal Melonguane melalui Babinpotmar yang ditugaskan secara khusus di desa Alo yang merupakan cikal bakal Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Melonguane.

Dari pengecekan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 11 Mei terhadap rumput laut yang sudah ditebar pada tanggal 1 Mei lalu, menunjukkan bahwa bibit rumput laut tumbuh subur dan bebas dari gangguan/serangan ikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved