Breaking News:

BLT Dana Desa

BLT Dana Desa Telah Disalurkan Rp 2,3 Triliun, Cek Penerima Rp 300 Ribu via sid.kemendesa.go.id

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam penerima BLT Dana Desa, dapat dicek secara online melalui sid.kemendesa.go.id.

Editor: Fistel Mukuan
Tribun Jateng
Cara Cek BLT Dana Desa 2021 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar baik bagi masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) senilai Rp 300 ribu.

Berikut ini cara cek penerima melalui sid.kemendesa.go.id.

BLT Dana Desa merupakan bantuan keuangan yang disalurkan pemerintah kepada masyarakat miskin dan rentan yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

BLT Dana Desa ini diberikan pemerintah untuk masyarakat yang kini masih diperhadapkan dengan wabah Covid-19.

Masyarakat miskin dan rentan yang belum menerima bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Kartu Prakerja berhak menerima bantuan ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020, BLT Dana Desa berupa uang tunai senilai Rp 300 ribu untuk per keluarga penerima manfaat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, BLT Dana Desa telah tersalur sebesar Rp 2,3 triliun kepada 3,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari target 8 juta KPM.

Bagi kabupaten yang belum mencairkan BLT Dana Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) diharapkan ikut mendorong agar pencairan bantuan tersebut dapat segera direalisasikan.

"Jadi sekali lagi, dana sudah dimanfaatkan sebelum Lebaran atau paling tidak pada saat suasana Lebaran," ujarnya, dikutip dari laman Kemenkopmk.go.id, Selasa (11/5/2021).

"Ini bagaimana supaya disosialisasikan dan dananya memang betul-betul masuk di dalam kartu mereka," tambahnya.

Cara Cek Penerima BLT Dana Desa

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam penerima BLT Dana Desa, dapat dicek secara online melalui sid.kemendesa.go.id.

Adapun caranya yakni sebagai berikut:

1. Akses laman sid.kemendesa.go.id.

2 Kemudian terdapat dua pilihan pencarian data desa, yakni 'Berdasarkan Provinsi' dan 'Berdasarkan Nama Desa'.

3. Pilih pencarian data desa 'Berdasarkan Nama Desa'.

4. Ketikkan nama desa, nantinya akan muncul deskripsi desa.

5. Pada bagian atas terdapat menu berupa home, deskripsi desa, rekomendasi, SDGs, Dana Desa, APBDES, BUMDES, dan BLT DD.

6. Pilih menu 'BLT DD'.

7. Daftar penerima BLT Dana Desa akan muncul.

Syarat Penerima BLT Dana Desa

Calon penerima BLT Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error) yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

a. Tidak mendapat bantuan PKH/BPNT/ pemilik Kartu Prakerja;

b. Mengalami kehilangan mata pencaharian (tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup untuk bertahan hidup selama tiga bulan ke depan);

c. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Semakin banyak kriteria keluarga miskin dan rentan yang dipenuhi, semakin diprioritaskan menjadi penerima BLT Dana Desa.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul Cek Penerima BLT Dana Desa Rp 300 Ribu via sid.kemendesa.go.id, Telah Disalurkan Rp 2,3 Triliun

Berita terkait BLT Dana Desa

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved