Breaking News:

Berita Bolsel

Soal Tapal Batas Bolmong-Bolsel, Iskandar-Yasti Satu Suara Serahkan ke Pusat

Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sempat memanas diakibatkan permasalahan tapal batas.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, beserta Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, mengikuti rapat fasilitasi percepatan penyelesaian batas dua wilayah tersebut, di Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoKabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sempat memanas diakibatkan permasalahan tapal batas. 

Meski begitu, kini kedua daerah tersebut sepakat menyerahkan penyelesaian sengketa itu ke Pemerintah Pusat.

Kesepakatan tersebut pun di hasilkan saat Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, beserta Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengikuti rapat fasilitasi percepatan penyelesaian batas dua wilayah tersebut. 

Rapat tersebut difasilitasi oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sulut, Jemmy S. Kumendong bertempat di ruang rapat Gubernur Kantor Gubernur Sulut, Manado, Senin (10/5/2021).

Rapat ini menghadirkan Gubernur Sulut yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang serta Bupati.

Dari hasil rapat tersebut, Bupati Iskandar Kamaru mengungkapkan ada tiga poin alternatif pemecahan masalah tapal batas Bolsel dan Bolmong. 

”Yang pertama bahwa, Pemprov Sulut telah menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 135/1219/BAK, Tanggal 9 Maret 2021, perihal: Langkah Percepatan Penyelesaian Batas Daerah,” ujar Kamaru.

Selanjutnya untuk poin kedua dalam kesepatakan itu, lanjut Iskandar mengatakan lagi bahwa penyelesaian masalah tapal batas kedua daerah ini diserahkan sepenuhnya ke Pemerintah pusat. 

”Kedua, Pemkab Bolsel dan Pemkab Bolmong menyerahkan penyelesaian masalah batas ini kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri RI sesuai ketentuan Peraturan Perundang undangan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara untuk poin ketiga, Iskandar mengatakan bahwa, dari pihak Pemkab Bolsel menyampaikan jika dalam proses penyelesaiaan sengketa batas dua wilayah ini sesuai dengan regulasi yang ada. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved