Breaking News:

Penanganan Covid

Kesadaran Masyarakat Sulut untuk Pakai Masker Cuma 75 Persen

Agaknya sebagian masyarakat Sulut terhadap pentingnya protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 mulai berkurang.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa
Ilustrasi - Tim Pakar Satgas Covid-19  menyebut, Sulut termasuk satu di antara tujuh provinsi di Indonesia yang turun tingkat kesadaran masyarakatnya terhadap penggunaan  masker. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Ini tanda awas bagi kita masyarakat Sulut.

Agaknya sebagian masyarakat Sulut terhadap pentingnya protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 mulai berkurang.

Tim Pakar Satgas Covid-19  menyebut, Sulut termasuk satu di antara tujuh provinsi di Indonesia yang turun tingkat kesadaran masyarakatnya terhadap penggunaan  masker.

Tim Pakar Satgas Covid-19 dr Dewi Nur Aisyah mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat Sulut menggunakan masker hanya 75,89 persen.

Sebelumnya, di awal April 2021, tingkat kesadaran masyarakat Sulut memakai masker masih di angka 85,48 persen.

"Artinya, ada penurunan kesadaran masyarakat. Bisa saja abai atau menganggap remeh," jelas Nur dalam media briefing Jurnalis Ubah Laku, Senin (10/05/2021).

Tujuh provinsi dimaksud Nur, yakni Sultra turun 2,98 persen; Papua Barat 9,10 persen; Sulut 9,70 persen; Maluku 13,67 persen; NTB 14,43 persen; Bali 14,67 persen dan Lampung 15,41 persen.

Katanya, menggunakan masker merupakan  protokol wajib di tengah pandemi Covid-19.

Selain memakai masker, ialah rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau pakai hand sanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Terkait hal ini, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Daerah Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan, data dari Tim Pakar Satgas Covid-19 menggambarkan bahwa ada masyarakat yang tidak disiplin protokol Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved