Breaking News:

RHK Sabtu 8 Mei 2021

RENUNGAN HARIAN KRISTEN 1 Raja-raja 10:10-13 - Pulang Sukacita dan Bawa Berkat

Yang diuji, teruji dan dipuji. Yang menguji pun memuji Tuhan Allah. Maka baik yang menguji maupun yang diuji

ilustrasi 

1 Raja-raja 10:10-13
TRIBUNMANADO.CO.ID - Yang diuji, teruji dan dipuji. Yang menguji pun memuji Tuhan Allah. Maka baik yang menguji maupun yang diuji, sama-sama memuji Allah Israel, Allah yang Empunya hikmat, pemilik dan pencipta hidup umat manusia.

Itulah yang terjadi pada ratu dari negeri Syeba dan raja penuh hikmat, Salomo. Kedua pemimpin bangsa itu, akhirnya seperti "ruas ketemu buku," cocok, senang, bahagia dan mengakui Allah Israel adalah Allah yang mahatinggi dan mahakuasa, tapi juga mahabaik dan mahakasih.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Keduanya larut dalam euforia sukacita karena menemukan jawaban teka-teki tentang apa dan bagaimana hikmat yang ada pada Salomo. Dan hikmat itu juga turut dinikmati dan dirasakan oleh Makeda, sang ratu negeri Syeba (kini Ethiopia dan sekitarnya).

Merekapun saling berbagi dengan sukacita dan bahagia. Keduanya sangat puas dan terutama mengagungkan nama Tuhan. Sang ratupun pulang dengan rasa bahagia dan membawa berkat baik bagi dirinya, maupun keturunan dan kerajaan serta rakyatnya, karena raja Salomo juga bermurah hati dengan "berbagi berkat" dengannya.

Demikian firman Tyhan hari ini.
  Raja mengerjakan kayu cendana itu menjadi langkan untuk rumah TUHAN dan untuk istana raja, dan juga menjadi kecapi dan gambus untuk para penyanyi; kayu cendana seperti itu tidak datang dan tidak kelihatan lagi sampai hari ini.

  Raja Salomo memberikan kepada ratu negeri Syeba segala yang dikehendakinya dan yang dimintanya, selain apa yang telah diberikannya kepadanya sebagaimana layak bagi raja Salomo. Lalu ratu itu berangkat pulang ke negerinya bersama-sama dengan pegawai-pegawainya. (ay 12, 13)_

Ratu memberikan hadiah kepada Salomo. Salomo pun membalasnya. Mereka menikmati nikmatnya hikmat Salomo yang bersumber dari Tuhan. Karena hikmat Salomo, bukan hanya dinikmati oleh kerajaan dan bangsanya Israel, tapi juga dirasakan dan dinikmati oleh ratu dan rakyat negeri Syeba.

Ratu mempersembahkan segala yang terbaik kepada raja. Termasuk emas 120 talenta (1 talenta=34 kg) atau sebanyak 4.080 kg, batu permata yang sangat mahal, rempah-rempah, plus kayu cendana dan emas dari ofir dll.

Salomo kemudian membalasnya dengan pemberian yang sangat pantas bagi ratu, sehingga keduanya sama-sama diuntungkan, sama-sama senang dan menang (win win solution).

Keduanya pun berpisah. Ratu Makeda kembali ke negerinya dengan sukacita. Dia sangat bahagia karena pulang membawa berkat yang tak terkatakan. Tak ada kekecewaan sekecil apapun di antara keduanya, terutama di pihak ratu dan rombongan besarnya itu.

Halaman
12
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved