Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Selasa 4 Mei 2021, 1 Raja-raja 10:3 : Menjawab dengan Hikmat

Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu

Istimewa
Renungan Harian Kristen: Pembalasan Hak Tuhan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kitab kemuliaan raja-raja Ethiopia, yakni The Kebra Nagast, yang berisi sejarah negeri itu mencatat bahwa, 1.000 tahun sebelum Kristus (SM), Ethiopia atau wilayah Sheba, dipimpin berdasarkan garis keturunan "Ratu Perawan." Ratu yang tercatat paling terkenal adalah Makeda, yang lahir tahun 960 SM.

Dialah yang disebut sebagai ratu dari negeri Syeba. The Kebra Nagast mencatat tradisi, kepribadian, kecerdasan dan kemakmuran yang luar biasa dari sang ratu di negerinya. Termasuk dalam hal berbicara dan mengajukan pertanyaan.

Ketika dia bertemu raja Salomo, dia mengujinya dengan teka-teki. Baik kitab 2 Tawarik 9 maupun 1 Raja-raja 10, tidak menguraikan pertanyaan dan teka-teki apa yang diajukan oleh sang ratu kepada sang raja.

Namun, menilik kebiasaan ratu dan catatan di Kebra Nagast itu, setidaknya ada 4 pertanyaan yang diajukan oleh ratu kepada raja.

Jadi, ratu benar-benar menguji raja Salomo secara riil, face to face (berhadapan muka).

Dan segala pertanyaannya dijawab dengan sempurna oleh raja Salomo dengan hikmatnya yang berasal dari Allah.

Tak ada yang tersembunyi yang tidak diungkapkan Salomo kepada ratu Makeda.

Demikian firman Tuhan hari ini.
Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu. (ay 3)

Menilik catatan dan tradisi tersebut, maka 4 pertanyaan atau teka-teki ratu itu yakni, Pertama, ratu memperlihatkan dua macam buket atau karangan bunga, satu dari bunga-bunga alami dan yang lain dari bunga-bunga buatan, yang merupakan tiruan yang sempurna sehingga orang biasa tidak mungkin dapat membedakan mana yang alami.

Dia menantang raja untuk membedakan dua buket itu tanpa meninggalkan kursi takhtanya apalagi menyentuh.

Halaman
123
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved