Breaking News:

Berita Sitaro

BPBD Sitaro Gelar Pelatihan Tim Reaksi Cepat Dalam Penanganan Darurat Bencana

Penanganan darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana

Istimewa
BPBD Sitaro Gelar Pelatihan Tim Reaksi Cepat Dalam Penanganan Darurat Bencana 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Penanganan darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan dari suatu peristiwa bencana.

Hal ini meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi serta pemulihan.

Untuk mengoptimalkan upaya penanganan darurat bencana dibutuhkan personel yang memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang tata cara penanganan.

Terkait itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam penanganan darurat bencana.

Baca juga: Kodim 1310 Bitung Lakukan Ini Peringati Nuzulul Quran 17 Ramadan 1442 Hijriah+

Baca juga: Hari Buruh 1 Mei 2021 di Minut Akan Diisi Bagi Masker dan Hand Sanitizer

Pelatihan yang menghadirkan narasumber dari Kantor SAR Tahuna ini berlangsung di Pulau Mahoro Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel) Sitaro.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sitaro Bob Wuaten mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada BPBD Sitaro, khususnya personil TRC.

"Dalam kondisi darurat bencana dibutuhkan langkah cepat dan tepat dari personil yang ada, baik dalam upaya penyelamatan dan evakuasi korban, pemenuhan kebutuhan hingga pemulihan," kata Wuaten, Jumat (30/04/2021).

Dalam pelatihan ini, Wuaten katakan, para personel TRC BPBD Sitaro dibekali dengan berbagai macam materi yang berhubungan dengan penanganan darurat bencana.

Baca juga: Fakta Tiga Perwira Polisi yang Ditangkap Paminal, Diduga Sedang Pesta Narkoba

Mulai dari teknik penyelamatan korban kecelakaan di darat, kebencanaan serta penyelamatan di perairan.

"Hari ini peserta pelatihan menerima materi dari pihak Pos Sar Tahuna dan besok akan dilanjutkan dengan praktek penyelamatan, khususnya di perairan," ungkap Wuaten.

Disamping personel BPBD, turut dilibatkan petugas pemadam kebakaran dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Sitaro dalam pelatihan ini.

Baca juga: Ketua PKK Sulut Rita Tamuntuan Gairahkan Minat Baca, Jadikan The Way of Life

"Karena peristiwa kebakaran bersifat darurat, maka petugas damkar juga perlu dilatih terkait bagaimana menghadapi kebakaran, apalagi ketika ada korban yang harus diselamatkan," jelasnya.

Sesuai rencana, praktik kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ini akan disaksikan langsung oleh Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen berserta sejumlah pejabat dilingkup pemerintah daerah. (HER)

Baca juga: Kecelakaan Sore Tadi, Hasrum Meninggal di Tempat, Motor yang Dikendarai Dihantam Truk

Baca juga: Populer: Sekretariat DPRD Sulut Minta Mobil Dinas JAK DB 8 Dikembalikan | Kondisi Terkini VAP

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved