Breaking News:

Ramadhan 2021

DOA Puasa Hari ke-16 Ramadhan 2021, Arti Doanya: Minta Dijauhkan dari Orang-orang Jahat

Dalam pelaksanaannya, puasa tidak hanya dikerjakan dengan cara tanpa makan atau minum dari sebelum terbitnya sang fajar hingga terbenamnya matahari.

www.freepik.com
Ilustrasi orang berdoa 

TRIBUNMANANADO.CO.ID -  Puasa Ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu. 

Puasa dalam Islam juga sering disebut shaum yang merupakan salah satu ibadah yang telah dicontohkan oleh Rosululloh SAW.

Pengertian puasa Ramadhan selain menjaga hawa nafsu, juga wajib dilakukan oleh umat Islam. Hal ini sudah dijelaskan dalam firman Allah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 yaitu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Puasa menjadi kewajiban bagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia. 

Dalam pelaksanaannya, puasa tidak hanya dikerjakan dengan cara tanpa makan atau minum dari sebelum terbitnya sang fajar hingga terbenamnya matahari.

Namun, dapat disertai pula dengan beberapa amalan lain.

Salah satu diantaranya yakni dengan cara berdoa.

Seperti tertuang hadis dalam riwayat Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah menuturkan bahwa:

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik.com/tribun kaltim)
Halaman
1234
Penulis: Indry Panigoro
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved