Breaking News:

Bea Cukai Sulbagtara Bukukan penerimaan kepabeanan dan cukai Rp 25,83 Miliar

Katanya, penerimaan terbesar ialah bea keluar. Di mana, tahun ini ditargetkan bea keluar sebesar Rp 1,172 miliar.

Tribun Manado / Fernando Lumowa
Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Cerah Bangun (kanan) berbicara dalam pemaparan Kinerja APBN triwulan I tahun 2021 Provinsi Sulut di Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, Senin (26/04/2021).        

TRIBUNMANADO.CO.ID, TRIBUN - Kanwil Ditjen Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (BC Sulbagtara) membukukan penerimaan kepabeanan dan cukai sebesar Rp 25,83 miliar.

Capaian itu diraih dalam tiga bulan pertama di tahun 2021. Kepala Kanwil BC Sulbagtara, Cerah Bangun mengungkapkan, realisasi penerimaan itu melampaui estimasi target penerimaan bea dan cukai tahun ini.

"Kita mencapai 103 persen dari target penerimaan Rp 24,88 miliar," ujar Cerah Bangun dalam pemaparan Kinerja APBN triwulan I tahun 2021 Provinsi Sulut di Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, Senin (26/04/2021).

Katanya, penerimaan terbesar ialah bea keluar. Di mana, tahun ini ditargetkan bea keluar sebesar Rp 1,172 miliar.

"Sementara realisasinya sebesar Rp 17,129 miliar," katanya.

Hal ini, kata dia didorong oleh bea keluar komoditas seperti CPO (produk minyak sawit) dan CNO (minyak kelapa mentah) yang diekspor melalui Bitung dan Manado.

Khusus CPO, kata Cerah, tarifnya dinaikkan pemerintah yang didasarkan pada biaya ekspor yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian RI.

"CPO jika kurang dari 750 metrik ton, tidak kena bea keluar. Kalau lebih, dikenakan dengan bea progresif," jelasnya.

Selain itu, jelas dia, bea keluar turut didorong oleh adanya direct call (ekspor langsung) komoditas pertanian dan perikanan asal Sulut ke Jepang.

Di mana, sejak 23 September 2020, total volume ekspor ini mencapai 490 ton. "Komoditas yang dominan ialah berbagai jenis tuna segar," jelasnya. (*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved