Breaking News:

Berita Sitaro

Pembayaran Insentif Bagi Vaksinator di Sitaro Segera Berproses

Semuel Raule mengatakan, biaya pembayaran insentif bagi para vaksinator bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang direfocusing.

Istimewa.
Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di RSUS Lapangan Sawang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoTenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas melakukan vaksinasi atau vaksinator di Kabupaten Kepulauan Sitaro (Sitaro) dipastikan bakal menerima insentif.

Rencananya, pembayaran insentif ini akan dilakukan dalam waktu dekat, seiring rampungnya refocusing anggaran dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sitaro, Semuel Raule mengatakan, biaya pembayaran insentif bagi para vaksinator bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang direfocusing.

"Proses refocusing kan baru selesai, jadi dalam waktu dekat akan segera kita bayarkan," kata Raule, Kamis (22/04/2021).

Terkait besarannya, Raule menyebut sebagaimana petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat yakni Rp10.000 per satu sasaran suntikan dan dibagi kepada anggota tim yang melaksanakan vaksinasi.

"Kan yang melakukan vaksinasi bukan hanya vaksinatornya, tapi ada beberapa nakes di dalam satu tim," terang Raule.

Nantinya, lanjut Raule, setiap vaksinator bersama anggota tim bisa melakukan klaim ke Dinas Kesehatan dengan mengikuti ketentuan yang telah diatur.

"Kita (Dinkes) punya data jumlah sasaran dari setiap tim atau vaksinator. Karena setiap kali selesai melakukan vaksinasi, tim akan melaporkan jumlah sasaran yang telah divaksinasi," terangnya.

Sementara itu, sejumlah vaksinator yang sempat diwawancarai mengaku belum mengetahui soal pemberian insentif bagi para vaksinator.

"Belum tahu, apakah ada (insentif) atau tidak," ungkap dr. Bill Bogar, vaksinator dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved