Breaking News:

Berita Sitaro

Polsek Sitim Sitaro Bidik Pengguna Knalpot Bising

"Saat ini sudah banyak laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya sepeda motor berknalpot bising."

GRAFIS TRIBUNMANADO/YUDI NUGRAHA
Ilustrasi knalpot bising. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Penggunaan knalpot bising pada kendaraan bermotor kerap menimbulkan keresahan di masyarakat.

Selain melanggar ketentuan perundang-undangan mengenai lalu lintas, penggunaan knalpot bising kerap mengganggu kenyamanan masyarakat, apalagi pada jam-jam istirahat.

Persoalan ini pun mendapatkan atensi khusus Kepolisian Sektor (Polsek) Siau Timur (Sitim).

Di mana dalam beberapa waktu terakhir ini, aparat Polsek Sitim bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus membidik dan melakukan penindakan terhadap pengguna knalpot bising.

Kapolsek Sitim AKP Tomi Oroh dalam keterangannya menyebut, penindakan yang dilakukan sebagai tindak lanjut keluhan masyarakat yang mengemuka dalam rapat koordinasi bersama Pemerintah Kecamatan Sitim beberapa waktu lalu.

"Saat ini sudah banyak laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya sepeda motor berknalpot bising. Makanya kami langsung mengambil tindakan di lapangan," kata Oroh, Jumat (16/04/2021).

Dalam berbagai operasi yang dilakukan, pihak kepolisian mewajibkan setiap pengendara yang tertanggkap menggunakan knalpot bising langsung mengganti dengan knalpot standar.

"Kendaraan langsung kita amankan ke Mapolsek. Pengendara atau pemilik harus mencopot dan mengganti dengan knalpot standar," lanjutnya.

Tak sampai disitu, setiap pengendara juga diharuskan membuat surat pernyataan tidak akan menggunakan knalpot bising.

"Setelah itu kita keluarkan kendaraan-kendaraan tersebut sembari memberikan pemahaman bagi pengendara tentang tertib berlalu lintas," lanjutnya.

Disamping penindakan pengguna knalpot bising, dalam serangkaian operasi yang dilakukan di jalan-jalan utama wilayah Siau Timur, polisi juga menyasar masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

"Dua hal ini yang jadi target operasi kami. Makanya pada kesempatan ini, masyarakat dihimbau untuk tertib berlalu lintas dan disiplin menjalankan prokes untuk pencegahan penyebaran Covid-19," kunci Oroh.

Langkah kepolisian ini pun menuai dukungan masyarakat. Pasalnya, penggunaan knalpot bising telah menimbulkan keresahan di masyarakat.

Untuk itu, warga meminta agar operasi penindakan penggunaan knalpot bising bisa dilakukan secara rutin.

"Ini sangat baik. Kami dukung langkah polisi. Selama ini knalpot bising ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat," tutur Junita Takalumang dan Yeni Adipati, dua warga Ulu Siau. (HER)

Tak Terima Diklakson, Sayuti Tutup Jalan Umum Perumahan Dengan Tembok Setinggi 2,5 Meter

Jadwal Buka Puasa di Sulawesi Utara: Manado, Bolmong hingga Bitung Hari Ini Jumat, 16 April 2021

Peringatan Dini Besok 17 April 2021, BMKG Ingatkan Daerah Potensi Cuaca Ekstrem

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved