Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Terbitkan Surat Himbauan Kesiapsiagaan Menghadapi Siklon Tropis

Surat yang ditandatangai Wakil Bupati John Palandung merupakan tindaklanjut dari Surat Badan Penanggulangan Bencana Nasional.

BMKG
Citra satelit yang menunjukkan adanya pertumbuhan Bibit Siklon Tropis 94W (lingkaran biru) di Samudera Pasifik utara Papua, Senin (12/4/2021). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Berbagai langkah langsung diambil Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dalam rangka antisipasi dampak Siklon Tropis 94W yang saat ini melanda wilayah Sulawesi Utara.

Salah satunya dengan menerbitkan surat perihal kesiapsiagaan menghadapi potensi Bibit Siklon Tropis 94W yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Aprindo Minta Pemerintah Kaji Ulang Penerapan Royalti Musik di Pertokoan dan Ritel Modern

Masih Ingat Siti Fadilah Supari Eks Menkes? Kini Bebas Penjara, Muncul di Polemik Vaksin Nusantara

Masih Ingat Wanita Cantik Curi Uang 1 Miliar Mertua? Akhrinya Ditangkap, Sudah Nikmati Hidup Mewah

Surat yang ditandatangai Wakil Bupati John Palandung itu merupakan tindaklanjut dari Surat Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Nomor B-27/BNPB/D/II PK.03.02/04/2021 tanggal 13 April 2021 tentang peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi bibit Siklon Tropis 94W dan Surat Gubernur Sulawesi Utara Nomor 360/21.2412/Sekr.BPBD tanggal 14 April 2021 tentang kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit Siklon Tropis 94W.

Dalam surat tersebut, seluruh Camat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir serta hujan es dan sebagainya, termasuk dampak yang dapat ditimbulkan, mulai dari banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang dan pohon tumbang.

Selanjutnya, para Camat diingatkan untuk meningkatkan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan yang ada di wilayah masing-masing untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Melakukan sosialisasi dalam bentuk pengumuman informasi peringatan dini seluas-luasnya kepada masyarakat di wilayah masing-masing dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan maupun keagamaan," ungkap Palandung, sebagaimana isi surat himbauan dimaksud.

"Selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka menyiapkan dan memobilisasi logistik dan peralatan untuk penanganan darurat bencana alam berupa jalur dan tempat evakuasi serta lokasi pengungsian yang sesuai standar protokol kesehatan," timpalnya.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved