Breaking News:

Ramadhan 2021

15 Hal yang Membatalkan Puasa, Hal ke-6 Jika Itu Mendadak Terjadi Maka Puasanya Batal, Kok Bisa?

Namun tak banyak yang tahu kalau ada 15 hal yang bisa membatalkan puasa. Lalu apa saja yang bisa membatalkan puasa?

Biro Pers/Setpres - Laily Rachev, Muchlis JR
ilustrasi suntik 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hukum Puasa Ramadhan dalam Alquran dan hadits adalah wajib bagi tiap muslim laki-laki dan perempuan yang sudah balig, sehat dan berakal.

Dalil Kewajiban melaksanakan puasa Ramadhan ini disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman:  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183).

Namun, tak banyak yang tahu kalau ada 15 hal yang bisa membatalkan puasa.

Lalu apa saja yang bisa membatalkan puasa?

1. Masuknya sesuatu ke dalam mulut

Pengertian paling dasar puasa adalah menahan makan dan minum pada waktu yang ditentukan. Jadi, apabila seseorang memasukkan sesuatu lewat lubang pada anggota tubuhnya dengan sengaja maka puasanya akan batal.

2. Berhubungan badan

Seorang muslim dilarang berhubungan intim di siang bolong saat puasa. Meskipun hubungan badan itu terjadi antara suami istri yang syah.

3. Muntah

Barang siapa yang sengaja muntah, dengan cara memasukkan sesuatu ke dalam mulut atau apa pun itu, maka puasanya akan batal. Namun, bula tidak sengaja, seperti sakit, maka tidak membatalkan puasa.

Halaman
1234
Penulis: Indry Panigoro
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved