Breaking News:

Kotamobagu Jadi Daerah dengan Pelayanan Publik Terbaik

Nilai Kotamobagu sendiri diketahui menyentuh angka 3,97 dan 4,09, mengungguli pemerintah daerah Kabupaten/Kota lain

NET
Kepala BKPP Kotamobagu, Sarida Mokoginta. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Kotamobagu, menjadi daerah yang terbaik dengan nilai tertinggi pada hasil evaluasi pelayanan publik, oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Nilai Kotamobagu sendiri diketahui menyentuh angka 3,97 dan 4,09, mengungguli pemerintah daerah Kabupaten/Kota lain maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Dimana, pengumuman hasil penilaian tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, dalam kegiatan Bimtek Penyederhanaan Birokrasi, Senin (12/04/2021) kemarin, dan diikuti langsung oleh Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, bersama dengan Kepala Daerah lainnya di Sulawesi Utara.

“Alhamdulillah, ini semua berkat kerja keras dan kerja sama yang optimal dari semua perangkat yang ada, sehingga kita bisa meraih prestasi membanggakan ini,” ucap Wali Kota Tatong Bara sebagaimana disampaikan melalui Kepala BKPP Kotamobagu, Sarida Mokoginta.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, Diah Natalisa menambahkan, evaluasi pelayanan publik tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Di tahun 2021 ini, evaluasi tersebut tidak lagi dilakukan di tingkat Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) ke pemerintah daerah, dengan tujuan agar Rumah Sakit bisa fokus dalam penanganan pandemi. Untuk evaluasi penilaian pelayanan publik di tingkat Pemerintah Provinsi, Diah mengatakan kalau pihaknya melakukan evaluasi pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sementara itu, di tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota, pihak Kementerian PAN-RB melakukan evaluasi ke Dinas Kependudukan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga DPMPTSP.

Dari penilaian yang ada, DPMPTSP Kotamobagu berhasil meraih angka 4,07, disusul DPMPTSP Kota Tomohon dengan nilai 4,00. Disusul Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dengan nilai 3,86.

Selanjutnya untuk nilai yang diraih Disdukcapil Kotamobagu, angkanya adalah 3,96. Menyusul di posisi kedua ada Kota Manado dengan raihan 3,94 serta Kota Bitung di urutan ketiga mengumpulkan nilai 3,89.

“Evaluasi pelayanan publik ini, pada penilaiannya difokuskan pada 6 aspek, yang mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk bisa memberikan pelayanan yang prima, sebagaimana peraturan Menteri PAN-RB nomor 17 tahun 2017.

Adapun 6 aspek tersebut adalah, kebijakan pelayahan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan,” imbuh Diah. (*)

Penulis: Theza Gobel
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved