Breaking News:

Populer Nasional

Cerita Soeharto Ditampar Kolonel AEK Berdarah Manado hingga Lindungi Bu Tien: Siap Lawan Siapa Saja

Cerita masa muda Soeharto, awal karirnya di militer, ditampar Kolonel Alex Kawilarang hingga berumah tangga dengan Siti Hartinah atau Bu Tien.

Kolase Foto Istimewa/Twitter
Foto: Kolonel Alex Evert Kawilarang dan Soeharto. Cerita Soeharto ditampar atau ditempeleng Kolonel Alex Kawilarang saat bertugas semasa masih menjadi prajurit TNI. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah kisah cerita dalam sejarah perjalanan hidup sosok Soeharto dan Bu Tien.

Cerita di masa muda Soeharto, awal karirnya di militer hingga berumah tangga dengan Siti Hartinah atau Bu Tien.

Sepenggal cerita di kala Soeharto masih menjadi perwira menengah TNI yang ditampar oleh komandannya hingga caranya melindungi keluarga ketika telah berkuasa menjadi presiden RI setelah Soekarno.

Suatu ketika Soeharto masih muda dan masih aktif di militer, dia dikabarkan pernah ditampar oleh seorang panglima militer yang sekaligus pendiri Kopassus.

Sosok yang menampar pipi Soeharto itu tak lain adalah Alex Evert Kawilarang (AEK), yang kala itu menjabat sebagai Panglima selaku atasan dari Letkol Soeharto.

Cerita <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/soeharto' title='Soeharto'>Soeharto</a> <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/ditampar' title='ditampar'>ditampar</a> tempeleng Kolonel Alex Kawilarang saat bertugas semasa masih menjadi prajurit TNI.

(Foto: Kolonel TNI Alex Evert Kawilarang dan Soeharto. Cerita Soeharto ditampar tempeleng Kolonel Alex Kawilarang saat bertugas semasa masih menjadi prajurit TNI./Istimewa)

Cerita Soeharto ditampar oleh Alex Evert Kawilarang ini ada dalam buku 'Suharto and His Generals: Indonesian Military Politics 1975-1983' tulisan David Jenkins (1984). 

Kejadian itu terjadi sekitar tahun 1950-an, Alex Evert Kawilarang yang saat itu sebagai Panglima Wirabuana, di mana ia melaporkan kepada Presiden Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman. 

Tapi Soekarno justru menyodorkan sebuah radiogram yang baru saja diterimanya yang melaporkan bahwa pasukan KNIL Belanda sudah menduduki Makassar.

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved