Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Jabar, Jateng, Jatim, Kaltim, Bali, NTB Hingga NTT Waspada Cuaca Ekstrem Rabu 7 April 2021

Prakiraan tersebut berdasarkan pantauan keberadaan Siklon Tropis SEROJA yang terpantau di Laut Sawu Barat Daya Pulau Timor dengan kekuatan 40 kt

Tribunnews
Ilustrasi peringatan cuaca ekstrem. BMKG merilis potensi hujan lebat, angin kencang yang disertai petir landa Jatim, Jabar, Jateng, Kaltim, Bali, NTB hingga NTT besok, Rabu 7 April 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Jabar, Jateng, Kaltim, Bali, NTB hingga Nusa Tenggara Timur atau NTT mesti mewaspadai cuaca esktrem, Rabu 7 April 2021.

Wilayah tersebut berpotensi dilanda hujan lebat dan angin kencang disertai petir atau kilat.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat ydan angin kencang yang disertai petir di 19 wilayah di Indonesia, besok.

Prakiraan tersebut berdasarkan pantauan keberadaan Siklon Tropis SEROJA yang terpantau di Laut Sawu Barat Daya Pulau Timor dengan kekuatan 40 kt (75 km/jam).

Sikon Tropis SEROJA itu bergerak ke arah Barat - Barat Daya yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Jawa Timur hingga perairan Utara Bali dan di Sulawesi Tenggara serta membentuk Low Level Jet yang memanjang di NTT, dan perairan Selatan NTT.

Bibit Siklon Tropis90S juga terpantau di Samudera Hindia selatan Banten yang membentuk Low Level Jet yang memanjang dariperairan Barat Lampung hingga Samudera Hindia Selatan Banten-Jawa Barat.

Kondisi ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem siklon tropis SEROJA, di sekitar bibit siklon dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Siklon Tropis SEROJA dan 90S ini juga meningkatkan kecepatanangin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) di sepanjang Low Level Jet tersebut.

Berdasarkan pantauan itu, berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

1. Aceh

Halaman
1234
Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved