Breaking News:

Ramadan 2021

Tradisi Unik Jelang Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Bupati Bolmut Ikuti Prosesi Adat Mopohabaru

Prosesi Mopohabaru adalah tradisi unik yang biasa dilaksanakan oleh warga Bolaang Mongondow Utara, saat jelang bulan suci Ramadan.

tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Prosesi Adat Mopohabaru jelang Bulan Suci Ramadhan, diikuti oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah, Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh menerima Prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau oleh Aliansi Lembaga Adat Bolmut yang bertempat di Kediaman Bupati Bolmut Desa Bolangitang I Kecamatan Bolangitang Barat, Senin (5/4/2021).

Prosesi Mopohabaru adalah tradisi unik yang biasa dilaksanakan oleh warga Bolaang Mongondow Utara, saat jelang bulan suci Ramadan.

Kebiasaan ini dikemas dalam prosesi adat yang ditujukan kepada pemimpin atau kepala daerah.

Prosesi adat Mopohabaru ini dalam bahasa suku Bolangitang (Bolangita) yang artinya ‘mengabarkan’ datangnya bulan suci Ramadan.

Dalam kesempatan tersebut tampak Bupati Depri Pontoh memakai pakaian adat Bolmut disambut oleh Aliansi Lembaga Adat dengan prosesi Mopohabaru.

Dalam arahannya Bupati Depri Pontoh menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut yang telah menyampaikan kabar terkait dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Sebelummya, proses adat Mopohabaru telah dilaksanakan dari tingkat desa, dan tingkat Kabupaten dalam pelaksanaan Mopohabaru ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

"Terkait dengan penetapan 1 Ramadhan 1442 H, tetap akan menunggu pengumuman resmi Kementerian Agama RI. Karena itu, untuk mendengarkan hasil sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama RI," jelas Bupati pada kesempatan tersebut.

Bupati Depri juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Ibadah Sholat Tarawih boleh dilaksanakan di masjid masing masing atau pun dilaksanakan di rumah, dengan mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19 Mencuci tangan, menjaga jarak, dan Memakai Masker.

"Untuk itu saya meminta keterlibatan Camat, Sangadi, Tokoh agama, tokoh masyarakat dalam menghimbau kepada masyarakat dan jamaah, pelaksanaan tadarusan silahkan dilaksanakan di mesjid, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan," tutup Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra Hj Ainun Pontoh Talibo, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, SH, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Nana Riana SH, MH, Kepala Pengadilan Agama Bolmut atau yang Mewakili, Sekretaris Daerah Dr Drs Hi. Asripan Nani, MSi, Para Asisten Sekda, Para Staf ahli, Para Staf Khusus Bupati Bolmut, Ketua MUI Bolmut, Kepala Kementrian Agama Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat serta Sangadi, Tokoh Agama, Adat dan masyarakat. (Mjr).

Foto Anya Geraldine Pakai Hijab Beredar di Medsos, Anya: Alhamdulillah Kesampean

Ingat Pinkan Mambo? Jarang Muncul di Layar Kaca, Eks Duet Maia Estianty Kini Jual Pakaian Bekas

Talaud Bakal Miliki Tiga Bandar Udara, Elly Lasut: Demi Kemajuan Daerah di Perbatasan NKRI

Berita tentang Bolmut lainnya. 

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved