Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Cuaca Senin 5 April 2021: Jatim, Sulteng Hingga Sultra Waspada Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang

Prakiraan tersebut berdasarkan adanya dua bibit siklon tropis yang dideteksi BMKG.

Pixabay
Ilustrasi Cuaca Ekstrem. BMKG merilis peringatan dini ada 19 wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan lebat, disertai petir hingga angin kencang pada Senin 5 April 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Peringatan Dini BMKG cuaca Senin 5 April 2021. Jatim, Sulteng hingga Sultra mesti waspada hujan lebat, petir, dan angin kencang melanda wilayah tersebut.

Diperkirakan total 19 provinsi di Indonesia yang wilayahnya berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di 4 provinsi di Indonesia.

Prakiraan tersebut berdasarkan adanya dua bibit siklon tropis yang dideteksi BMKG.

Baca juga: 5 FAKTA Pernikahan Aurel Hermansyah, Anang Dekat KD, Atta Nangis hingga Isi Souvenir Pernikahan

Dalam meteorologi, siklon tropis (atau hurikan, angin puyuh, badai tropis, taifun, atau angin ribut tergantung pada daerah dan kekuatannya) adalah sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis.

Sementara angin sejenisnya bisa bersifat sangat merusak atau destruktif tinggi, siklon tropis adalah bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer, yang memindahkan panas dari daerah khatulistiwa menuju garis lintang yang lebih tinggi.

Pertama, Bibit Siklon Tropis 99S terpantau di Laut Timor yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Selat Makassar hingga NTT bagian Utara, Maluku bagian Utara dan di laut Timor.

Lalu membentuk Low Level Jet yang memanjang di Laut Flores, NTT, dan perairan Selatan NTT.

Kedua, Bibit Siklon Tropis 90S terpantau di perairan barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Pesisir Timur Riau hingga Lampung dan dari Banten hingga perairan Selatan Jawa Barat.

Kemudian membentuk Low Level Jet yang memanjang dari Samudera Hindia Barat Sumaterahingga Selatan Banten.

Halaman
123
Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved