Breaking News:

Berita Bitung

Antisipasi Teror Polres Bitung Gelar Operasi Gabungan, Sasaran Handak dan Sajam

Kota ini berjarak sekitar 1.751 kilometer dari Makassar dan berjarak 1.760 km dari Mabes Polri di Jakarta.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Operasi gabungan dilakukan TNI, Polri, Satpol PP dan Instansi terkait lainnya dalam rangka antisipasi teror di Kota Bitung. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Mengantisipasi aksi teror yang terjadi di Makassar dan Mabes Polri, petugas gabungan TNI dan Polri melakukan operasi gabungan di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Kota Bitung adalah satu diantara 15 kabupaten kota yang ada di provinsi Sulut.

Kota ini berjarak sekitar 1.751 kilometer dari Makassar dan berjarak 1.760 km dari Mabes Polri di Jakarta.

Menurut Kapolres Bitung AKBP Indrapramana H, SIK, operasi gabungan dilakukan dalam bentuk pengetatan orang yang masuk ke Bitung di akses masuk tepat di pintu Gerbang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kelurahan Sagerat Kecamatan Matuari Kota Bitung, Provinsi Sulut.

"Operasi gabungan, sudah dua hari ini kami lakukan. Sejak hari Selasa (30/3/2021) malam dengan sasaran orang yang membawa bahan peledak (handak), senjata tajam (sajam), minuman keras, knalpot racing dan melakukan razia  penerapan protokol kesehatan (prokes)," kata Kapolres Bitung melalui Kompol Edy Saputra Kabag Ops Polres Bitung, Kamis (1/3/2021).

Operasi gabungan ini, dilakukan sesuai dengan prosedur mulai dari pengalihan arus kendaraan yang melintas di jalan protokol masuk ke areal jalan KEK.

Lalu melakukan pemeriksaan bagasi kendaraan mobil dan motor, barang bawaan seperti tas ransel untuk mengecek jangan sampai ada bahan berbahaya yang bisa membahayakan warga Bitung.

"Operasi gabungan ini akan berlangsung hingga tanggal 4 April 2021. Hingga saat ini belum ada barang-barang atau yang terkait dengan teror. Untuk sementara kebanyakan pelanggaran lalulintas seperti knalpot racing, tidak ada SIM, STNK dan knalpot racing," tambahnya.

Edy sampaikan, dengan dilaksanakannya operasi gabungan ini sebagai contoh untuk mengamankan di kota Bitung.

Apalagi akan berlangsung perayaan gerejawi, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung hingga perayan Paskah pada Minggu nanti dan perayaan paskah kedua di hari Senin pekan depan.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved