Breaking News:

Berita Kotamobagu

Musrenbang RKPD 2022, Pemkot Kotamobagu Harapkan Sinergitas Seluruh Masyarakat

Di Kotamobagu tahapan pelaksanaannya yaitu Musrenbang Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Januari sampai 24 Februari

tribunmanado.co.id/Theza Van Gobel
Kegiatan Musrenbang RKPD Kota Kotamobagu tahun 2022 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kotamobagu menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu, Rabu (31/03/2021).

Pelaksanaan Musrenbang tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. 

Menyambung acuan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Sofyan Mokoginta mengatakan, hal itu juga mengacu pada tata cara evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Kemudian berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

“Di Kotamobagu sendiri, tahapan pelaksanaannya yaitu Musrenbang Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Januari sampai 24 Februari 2021."

"Kemudian ada juga Forum Konsultasi Publik tanggal 24 Maret 2021, telah terlaksana. Lalu Forum OPD tanggal 26 Maret 2021, dan Rabu 31 Maret 2021 hari ini, dilaksanakan Musrenbang tingkat Kota,” ujar Sofyan. 

Lanjutnya, sebagaimana proses penjaringan usulan program dan kegiatan tahun 2022 yang telah dilakukan melalui beberapa tahapan sebelumnya, maka dibutuhkan suatu media sinkronisasi dan penyempurnaan usulan.

“Karenanya kami berharap, pada tahapan ini melalui Musrenbang tingkat Kota Kotamobagu, diperoleh sinergitas yang lebih baik antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat, tak lupa juga pihak swasta serta segenap stakeholder terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sofyan, tujuan diselenggarakannya Musrenbang ini adalah untuk menampung berbagai masukan, mulai dari usulan hingga kritik membangun dari Stakeholder.  

Hal terdebut dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kota Kotamobagu tahun 2022, untuk kemudian digunakan sebagai bahan penyusunan RAPBD Kota Kotamobagu tahun anggaran 2022, pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Theza Gobel
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved