Breaking News:

Berita Talaud

Robert Winerungan: KEK Perbatasan Bakal Jadikan Kepulauan Talaud Mandiri dalam Ekonomi

Pembangunan KEK Perbatasan di Talaud menjadi alat politik agar Talaud sebagai daerah perbatasan bisa maju dan mandiri dalam ekonomi.

Istimewa/Dok. Pribadi Robert Winerungan
Akademisi Unima, Dr Robert Winerungan 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Rencana menghadirkan KEK Perbatasan di Talaud oleh Pemerintah Kabupaten Talaud merupakan suatu ide atau impian yang dapat diwujudkan.

Ide itu adalah suatu rencana inovatif yang harusnya ditopang oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Pembangunan KEK Perbatasan di Talaud menjadi alat politik agar Talaud sebagai daerah perbatasan bisa maju dan mandiri dalam ekonomi.

Elly Lasut Curhat ke Kepala BI Sulut, Berharap Potensi Perikanan Talaud Disertakan BI ke RIRU

Dengan adanya KEK di Talaud akan ada banyak pemikiran, perhatian akan tertuju di sana.

Ide pembangunan KEK di daerah perbatasan sangat menarik, sebab itu dapat mendorong ekonomi kawasan perbatasan berkembang.

Karena memang diakui saat ini sangat sulit dan tidak bisa menciptakan nilai tambah oleh masyarakat Talaud sendiri, sehingga Kehadiran KEK Talaud ini sangat masuk akal dan ide brilian.

Pada dasarnya tujuan utama pembangunan KEK adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan peningkatan daya saing bangsa.

Kepulauan Talaud yang selama ini tertinggal bahkan makin banyak ditinggalkan oleh masyarakat akan menjadi lebih hidup dan berkembang sehingga akan banyak orang akan tertarik ke sana, berusaha dan tinggal.

Awalnya KEK ini dibangun untuk kepentingan politik dan pasti kemudian akan disertai dengan banyak kepentingan ekonomi yang akan terjadi di Talaud.

Kehadiran KEK Perbatasan di Kepulauan Talaud yang pertama akan mendorong peningkatan harga komoditas seperti perikanan dan perkebunan (kelapa, cengkih dan pala) karena ada peningkatan nilai tambah.

Mimpi Elly Lasut Jadikan Talaud KEK Perbatasan, Minta Dukungan BI Sulut

Pemkab Talaud Gandeng BNI Salurkan KUR TKI

Keberadaan KEK Talaud sangat dekat dengan negara tetanga Filipina, sehingga akan makin terbuka industri dan perdagangan.

KEK Perbatasan Talaud ini memiliki keunggulan geoekonomi sekalihua geostrategi yang berfungsi menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi serta akan menjadikan daya saing internasional lebih baik.

Selayaknyalah pemerintah mempertimbangkan akan membangun kawasan industri dan perdagangan khusus di daerah perbatasan ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan menghadirkan investor disana.

Dengan adanya KEK Perbatasan di Talaud ini akan menambah akses infrastruktur berupa perlabuhan, jalan penghubung dan tentunya dengan sumber energi khususnya listrik.

Kehadiran KEK Perbatasan Talaud ini juga akan berdampak langsung dan tidak langsung bagi perekonomian Sulut.(ndo) 

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved