Breaking News:

Berita Bolmong

Bekerjasama dengan BSSN, Pemkab Bolmong Tingkatkan Keamanan Aplikasi Melalui IT Security Assesment

Kick Off ITSA sendiri telah dilaksanakan pada  hari kamis  tanggal 25 Maret 2021 yang lalu dan rencananya kegiatan ITSA berakhir pada tanggal 2 April

Istimewa
Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Kick Off Meeting IT Security Assessment (ITSA) dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kembali melakukan IT Security Assessment (ITSA) pada Tiga Aplikasi yang dimilik oleh Pemkab Bolmong, Selasa (30/3/2021).

Sesuai rilis Diskominfo Bolmong sebelumnya Kick Off ITSA sendiri telah dilaksanakan pada  hari kamis  tanggal 25 Maret 2021 yang lalu dan rencananya kegiatan ITSA berakhir pada tanggal 2 April tahun 2021.

Pemkab Bolmong adalah kabupaten kedua di Sulut yang melakukan Security Assesment setelah Pemkot Manado yang telah dilaksanakan pada tahun 2019.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolmong melalui Kepala Bidang Persandian dan statistik Sutoyo Paputungan saat monitoring kegiatan ITSA ini menyampaikan bahwa Pemkab Bolmong sedang beranjak meninggalkan sistem konvensional menuju era digital.

"Hal ini dilakukan dengan membangun aplikasi-aplikasi yang terintegrasi guna mendukung kerja cerdas pemerintah daerah," ujarnya.

Menurut Sutoyo Bidang persandian yang mempunyai tupoksi keamanan informasi pemerintah daerah telah melakaukan berbagai upaya terkait kegiatan pengamanan.

Lanjutnya, melihat dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Badan Siber dan Sandi Negara ke Pemkab Bolmong, Ia pun yakin Pemkab Bolmong melalui Diskominfo Bolmong akan dapat menjalankan fungsinya dalam urusan keamanan dan persandian dengan baik.

Sutoyo juga menyadari bahwa banyaknya pembangunan aplikasi harus diimbangi dengan penguatan dari sisi keamanannya, apalagi jika aplikasi yang dibangun menyimpan data-data sensitif.

"Untuk itu kami langsung berkoordinasi dengan BSSN untuk penjadwalan ITSA secepatnya di Pemerintah Kabupaten Bolaang mongondow dan akhirnya dapat dilaksanakan pada bulan Maret 2021 ini," ucapnya.

Ketua TIM ITSA Sigit Setiono menyampaikan bahwa kegiatan ITSA ini sangat penting bagi Pemerintah Daerah.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved