Breaking News:

Pedagang Pasar Buha Minta Pemkot Bantu Karena Sepi Pembeli

Pihaknya akan terus mensosialisasikan pasar itu kepada masyarakat, ia meminta pedagang bersabar

tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Kondisi Pasar Buha yang nampak sepi, Jumat (26/3/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pasar Buha terlihat masih sepi pada Jumat (26/3/2021). Pasar tersebut difungsikan setelah pasar Tuminting dibongkar.

Dari pengamatan Tribun Manado, pengunjung sangat kurang. Sebagian besar lorong dalam lapak lengang.

"Memang masih kurang dibanding di pasar Tuminting lalu," kata Sumi salah satu pedagang kepada Tribun Manado, Jumat (26/3/2021) di salah satu lapak pasar. Kondisi itu dimakluminya.

Menurut dia, pasar baru harus lebih disosialisasikan. Gita pedagang lainnya membeber untungnya pagi itu lumayan. "Tapi tetap masih di bawah saat berada di pasar Tuminting," katanya.

Kendati demikian, ia menyebut, fasilitas di pasar tersebut jauh lebih layak ketimbang pasar sebelumnya. Pasar tersebut bersih, air melimpah dan ada fasilitas WC.

"Kalau di pasar lama jorok dan berdesakan," kata dia.  Jumat pagi itu nampak sejumlah pedagang dari pasar Tuminting melapor ke petugas pasar untuk mrenempati lapak. Pihak PD Pasar memberi waktu hingga 27 Maret bagi pedagang eks pasar Tuminting untuk tempati lapak. Lewat waktu tersebut, lapak diberikan pada pedagang lain.

Kabag Pengawasan dan Penertiban PD Pasar Yehezkiel Laira membeber, pihaknya akan terus mensosialisasikan pasar itu kepada masyarakat. Ia meminta pedagang bersabar.

Menurut dia, pembongkaran telah berlangsung sesuai prosedur. "Kami sudah menyurat, sudah pula melakukan rapat dengan pedagang dan pekan lalu melakukan cabut undi untuk beroleh lapak di pasar Buha," ujar dia kepada Tribun Manado Kamis (25/3/2021) siang di lokasi pasar Tuminting.

Sebut dia, relolasi dilakukan karena pasar lama sudah tak layak. Pasar itu tak punya tempat parkir hingga kerap bikin macet. "Drainasenya juga tak bagus," kata dia.

Ungkapnya, Pasar Buha sudah harus ditempati karena sudah dua tahun rampung. Pedagang yang direlokasi berjumlah 128. Mengenai penolakan pedagang, dirinya tak mengerti.  "Setahu saya mereka sudah setuju. Karena sudah cabut undi," kata dia.

Ia menggaransi bahwa pasar baru sangat layak sebagai tempat jualan. Fasilitas disana cukup lengkap. "Ada kran untuk air di tiap lapak. Fasilitas lainnya juga lebih lengkap ketimbang pasar lain," kata dia. (*)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved