Breaking News:

Perikanan masih Mendominasi Komoditas Ekspor di Sulut

Rekor tertinggi tercatat pada 6 Januari 2021, volume pengiriman mencapai 27 ton. 

Tribun Manado/ANDREAS RUAUW
Sejumlah pelanggan sedang menghitung ikan hasil tangkapan di tempat pelelangan ikan (TPI), Kelurahan Tumumpa, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/1/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Ekspor langsung (direct call) komoditas perikanan dan pertanian dari Sulut ke Jepang tetap berlangsung meskipun diwarnai ragam kendala dan tantangan.

General Manager Garuda Indonesia Manado, Vonny Pinontoan mengatakan, direct call tetap berlangsung.

Kata Vonny, hingga pengiriman ke 25 pada pekan ketiga Maret, volume ekspor komoditas perikanan dan pertanian dari Sulut mencapai 383.873 kilogram (kg) atau 383 ton.

Sejauh ini, komoditas yang diekspor ke Jepang didominasi produk perikanan seperti tuna. Selain itu ada hasil pertanian dan general cargo.  Di sisi lain, volume ekspor langsung ke Jepang masih fluktuatif. Rekor tertinggi tercatat pada 6 Januari 2021, volume pengiriman mencapai 27 ton. 

Naik turunnya volume tak lepas dari ketergantungan terhadap produk tuna dari Sulut, Ambon dan daerah sekitar. "Kalau cuaca buruk, pasti tuna kurang, tentu volume juga ikut turun," kata Vonny.

Karena itu, ia bilang perlu ada upaya ekstra untuk menjaga agar direct call ini bisa bertahan.

Garuda Indonesia memandang, komoditas yang dikirim harus beragam. Jika selama ini bergantung pada pasokan tuna, ke depan perlu didorong perbanyak produk pertanian dan general cargo.

"Kalau perikanan, sangat bergantung musim atau cuaca. Nah, kalau pertanian kan relatif lebih aman," ujarnya.

Di sisi lain, Garuda bertekad agar Manado ini bisa jadi hub khusus produk perikanan.

Selama ini, ungkap Vonny, masih ada produk tuna dari Ambon, Gorontalo, bahkan Manado yang dikirim ke Jepang melalui Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved