Breaking News:

Berita Bitung

Kuasa Hukum ASM Michael Jacobus: Jika Ngotot Kami Bawa Masalah Ini ke Kejaksaan

Proses pembayaran lahan, sebelumnya sudah dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga sebagaimana dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran.

tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Stadion Duasudara Manembo-Nembo di Kelurahan Menembo-Nembo Kecamatan Matuari. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Aliansi Masyarakat Sipil (AMS) Kota Bitung, kembali menyoroti rencana pembayaran lahan Stadion Duasudara di Kelurahan Manembo-Nembo Kecamatan Matuari Kota Bitung Provinsi Sulut.

Proses pembayaran lahan, sebelumnya sudah dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga sebagaimana dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) senilai Rp 5,1 miliar, pada pertengahan tahun 2020.

Sisa Rp 5,1 miliarnya lagi, direncanakan akan segera di bayarkan oleh Dispora Kota Bitung yang akan diawali dengan melaksanakan rapat dengan instansi terkait, pada Senin (15/3/2021).

"Jika Dinas ngotot bayar, maka kami akan lanjutkan proses terkait SDS (Stadion Duasudara) ke Kajari Bitung," tegas Michael Jacobus pentolan AMS kepada wartawan Minggu (14/3/2021).

Jacobus yang diberi kepercayaan AMS sebagai kuasa hukum melihat, ada sejumlah fakta yang terungkap terkait pembayaran lahan stadion kebanggaan masyarakat Kota Bitung ini.

Stadion Duasudara Manembo-Nembo di Kelurahan Menembo-Nembo Kecamatan Matuari.
Stadion Duasudara Manembo-Nembo di Kelurahan Menembo-Nembo Kecamatan Matuari. (tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Dalam rapat dengar pendapat atau hearing tanggal 15 Juli 2020 dengan DPRD kota Bitung, pemerintah, keluarga pemilik lahan yang oleh pemerintah (masih Kota Administratif) membeli lahan itu untuk dibangun stadion, AMS dan pihak terkait lainnya.

Terkuat, bahwa di era pemerintah kota Administratif lahan itu sudah dibeli oleh pemerintah melalui sejumlah pihak yang di beri tanggung jawab untuk membayar ke pemilik lahan.

"Harusnya fakta-fakta yang disebutkan, oleh para juru bayar dan keluarga pemilik lahan jadi pertimbangan dinas untuk pending pembayaran. Dengan ketentuan semua pihak yang berkepentingan silahkan tempuh jalur hukum," jelasnya.

Stadion Duasudara Manembo-Nembo di Kelurahan Menembo-Nembo Kecamatan Matuari.
Stadion Duasudara Manembo-Nembo di Kelurahan Menembo-Nembo Kecamatan Matuari. (tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Lanjut Jacobus, jika ada hasil penyelidikan/penyidikan bahwa tidak ada tindak pidana, baru pemerintah kota Bitung bisa bayar.

Dia juga berpendapat, silahkan pihak yang akan menerima pembayaran dari pemerintah Kota Bitung untuk menggugat wanprestasi (ingkar janji).

Halaman
1234
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved