Breaking News:

Devi: Sehari Pernah Suntik Sampai 400 Orang, Tangan Sampai Kram

Walikota Manado Vicky Lumentut meminta dinas kesehatan Manado menyiapkan lebih banyak vaksinator.

tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Antrean warga saat pelaksanaan vaksinasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Animo warga Manado untuk ikut vaksinasi Covid 19 tahap dua sangat besar.
Ini terlihat dari antrean panjang di tiap lokasi vaksinasi. Para vaksinator mengaku kewalahan melayani banyaknya warga yang hendak divaksin.

Dari pengamatan Tribun Manado, para vaksinator bekerja dari pagi hingga siang jelang sore. Aneka tingkah warga jadi makanan sehari hari.

Ada yang takut jarum suntik hingga harus dibujuk.  Ada pula yang rewel. Devi salah satu vaksinator mengatakan, dalam sehari ia bisa menyuntik ratusan orang.

"Pernah sampai 400 orang sehari," kata dia kepada Tribun Jumat (12/3/2021) lalu. Ia alami kelelahan. Tangannya sampai kram. "Tapi kami tetap enjoy. Ini sudah tugas kami," ujarnya.

Sisi vaksinator dari Poltekes yang dijumpai Tribun Manado tengah melakukan vaksinasi di SMA Negeri 1 Manado Kamis lalu mengatakan, sekali menyuntik ia dan tim bisa tangani ratusan warga. "Hari ini ada 200 warga," ujarnya.

Ia menuturkan mereka tak kerja setiap hari. Rata rata tiga hingga empat kali sepekan. "Lelah memang iya. Tapi ini sudah tugas kami," ujarnya.

Menghadapi vaksinasi tahap berikutnya yang akan melibatkan lebih banyak warga, ujar dia, pihaknya telah melatih ratusan vaksinator.

Informasi yang diperoleh Tribun Manado, idealnya satu vaksinator melayani 15 orang. Namun kenyataan di lapangan, beban Vaksinator telah berlebih.

Walikota Manado Vicky Lumentut meminta dinas kesehatan Manado menyiapkan lebih banyak vaksinator.
"Pak Jokowi rencana siapkan 400 juta vaksin. Ke depan perlu tambahan tenaga vaksinator agar semua masyarakat dapat dilayani," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Manado Ivan Sumenda menyebut Manado akan ketambahan 100 vaksinator dari provinsi. Total vaksinator akan mencapai 300 lebih. "Saat ini kita hanya punya 180 vaksinator," ujarnya. (*)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved