Breaking News:

Berita Minsel

Corona B117 Lebih Menjangkit, Dinkes Minsel Imbau Warga Terapkan 5M

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) belum ditemui Corona B117, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel berupaya melakukan antisipasi penyebaran.

tribunmanado.co.id/Rul Mantik
Sebelum divaksin, tenaga kesehatan Minsel melakukan skrining kepada semua ASN yang telah mendaftar. 

Laporan kontributor tribunmanado.co.id, Rul Mantik

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kembali bermutasi.

Teranyar, teridentifikasi Corona B117, sebagai mutasi dari Covid-19. Lebih dari 30 negara ditemukan adanya jenis virus corona ini.

Kendati di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) belum ditemui Corona B117, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel berupaya melakukan antisipasi penyebaran.

Menurut Kepala Dinkes Minsel, dr Erwin Schouten, cara mengantisipasi virus Corona B117 tidak berbeda dengan Covid-19. Sebab, virusnya tidak jauh berbeda.

"Di Minsel kita terapkan 5 M. Cara ini cukup efektif menangkal penyebaran virus Corona B117," kata Erwin, Jumat (12/3/2021).

5 M yang dia maksudkan itu, katanya, adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi.

"Kalau kita laksanakan 5M, resiko untuk terjangkit sangat kecil," imbuhnya.

Dia menjelaskan, penanganan pasien yang terinfeksi mutasi Corona B117 dengan Covid-19 tidak jauh berbeda. Tidak ada juga penanganan yang signifikan perbedaanya.

"Kan virusnya hampir sama. Jadi penanganannya pun sama. Cuma, virus yang telah bermutasi menjadi Corona B117 lebih menjangkit," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Rul Mantik
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved