Breaking News:

Berita Minsel

Uang Sewa Traktor Pertanian Disinyalir 'Menguap', Franky Wongkar Perintahkan Evaluasi Pengelola

Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar melakukan inspeksi inventaris alat berat Dinas Pertanian.

Istimewa
Franky Donny Wongkar. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tiap bulan, jutaan uang sewa traktor di Dinas Pertanian diduga menguap.

Itu terungkap saat Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar melakukan inspeksi inventaris alat berat Dinas Pertanian.

Ditemukan, banyak operator traktor yang tidak menyetor uang sewa traktor.

Menurut FDW, temuan itu didapat dari pengakuan sejumlah pengelola saat dia turun lapangan. Ada wilayah yang bahkan bertahun-tahun tak menyetor.

"Dari temuan di lapangan, ternyata ada yang tidak melakukan penyetoran selama bertahun-tahun. ASN yang diberi tanggung jawab tidak menagih, operator alat berat pun tidak menyetor," aku FDW, Rabu (10/3/2021).

Akibat kelambanan ASN dan operator, puluhan juta uang sewa yang berpotensi masuk ke kas daerah, tidak tahu di mana rimbanya.

"Seharusnya kan PAD akan bertambah jika penagihan dan penyetoran berjalan dengan baik. Tapi kalau dibiarkan seperti ini, uang yang harusnya masuk PAD tidak tahu ke mana," kata FDW.

Diapun sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pertanian Minsel untuk mengevaluasi ASN dan operator yang menangani alat berat.

"Saya sudah sampaikan ke Kadis agar mereka semua dievaluasi. Itu harus dilakukan untuk menyelamatkan alat dan uang rakyat," paparnya.

Untuk mengamankan pemasukan uang negara, seharusnya, kata FDW, uang sewa yang dibayarkan petani, langsung disetor ke pengelola. Dari pengelola langsung setor ke kas daerah.

Halaman
12
Penulis: Rul Mantik
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved