Breaking News:

Caroll: Kalau Ada Yang Tak Serius Lapor ke Saya

Kemudian kepada para kepala perangkat daerah kiranya dapat bekerjasama dengan tim penyusun LPPD.

Tribun Manado / Hesly Marentek
Caroll Senduk 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Tomohon menggelar rapat koordinasi penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Senin (8/3/2021).

Kegiatan yang digelar di Grand Master Resort ini, dibuka langsung Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Caroll dalam sambutannya memaparkan sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 69 ayat 1 uu no 23 tahun 2014 tentang Pemda salah satunya bahwa setiap Kepala Daerah wajib menyampaikan LPPD yang merupakan salah satu indikator evaluasi pemerintah pusat akan jalannya roda pemerintahan yang ada baik di tingkat provinsi, Kabupaten maupun Kota.

"LPPD ini menjadi tolok ukur dari Pemerintah Pusat untuk menilai tingkat kemampuan setiap daerah dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja serta indikator-indikatornya yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dimana pengukuran dan indikator kinerja tersebut akan dipakai untuk membandingkan antara daerah satu dengan yang lainnya," kata Caroll yang didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Jusak Pandeirot.

Untuk itu, dengan menyadari betapa pentingnya penyusunan LPPD, maka Caroll meminta perhatian seluruh yang terlibat.

"Pertama kepada tim penyusun diharapkan untuk dapat bekerja keras dan berkoordinasi dengan para kepala perangkat daerah agar proses penyusunan LPPD dapat tersusun dengan baik," ujarnya.

Kemudian kepada para kepala perangkat daerah kiranya dapat bekerjasama dengan tim penyusun LPPD.

Serta bertanggung jawab penuh dan mengawasi penyusun LPPD masing-masing agar semua data yang diminta akurat dan valid serta tepat waktu.

"Mengingat saat ini kita telah berada di bulan maret, dan sesuai ketentuan pemasukan LPPD bahwa tiga bulan sesudah tahun anggaran berakhir maka pemerintah daerah wajib memasukkan LPPD ke pemerintah pusat. Karena itu diharapkan kepada kita semua agar ada kerjasama yang baik, dan jika ada perangkat daerah yang tidak serius dalam proses penyusunan LPPD ini agar dilaporkan kepada saya melalui Sekretaris Daerah," ajak Caroll

Selanjutnya dia meminta kepada para peserta rapat koordinasi ini agar dapat mengikuti dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Serta jika ada hal-hal yang kurang jelas agar dapat ditanyakan langsung kepada narasumber yang ada saat ini. Sehingga dapat mempermudah dalam proses pengisian data-data yang diminta," pungkas Caroll.

Adapun narasumber pada kegiatan ini Bela Alhafil SE selaku Analis Pemerintahan Daerah Dirjen Evaluasi Kinerja Pemerintahan Daerah Kemendagri, Enggartiasto Tri Atmojo Saputra SSTP selaku Pengelola Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. (*)

Penulis: Hesly Marentek
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved