Breaking News:

Malaysia Airlines

7 Tahun Lenyapnya Pesawat Malaysia Airlines MH370, Keluarga Minta Rilis Data Radar Militer

Pesawat Malaysian Airlines MH370 menghilang dengan 239 orang di dalamnya pada 8 Maret 2014, saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Dua warga melintas di depan mural hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 di sebuah gang di Shah Alam, Malaysia, 8 Maret 2016.(AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines lenyap tak diketahui keberadaannya pada 8 Maret 2014 silam.

Pesawat dengan nomor penerbangan MH370 diduga jatuh di Samudra Hindia.

Namun, belum juga ditemukan bukti jatuhnya pesawat tersebut kendati pencarian besar-besaran banyak negara sudah dilakukan selama 2 tahun.

Pesawat dengan rute Kuala Lumpur - Beijing itu lepas landas dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada pukul 00.41 waktu setempat.

Pesawat itu dijadwalkan tiba di Beijing pukul 06.30, tetapi kemudian putus kontak sekitar pukul 02.40 waktu setempat, 8 Maret 2014.

Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370. Sumber: http://airinfodotorg.files.wordpress.com/
Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370. Sumber: http://airinfodotorg.files.wordpress.com/ (http://airinfodotorg.files.wordpress.com/)

Adapun posisi terakhir pesawat tersebut sebelum putus kontak yakni berada di kawasan Laut China Selatan di antara Pesisir Timur Semenanjung Malaysia dan ujung selatan Vietnam.

Anggota keluarga dari penumpang dan awak pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, berkumpul untuk memperingati 7 tahun hilangnya pesawat tersebut, Minggu (7/3/2021).

Grup yang bernama Voice370 ini menegaskan kembali tuntutannya agar pencarian dilanjutkan, dan agar semua data radar militer sejak hari itu dirilis untuk penyelidikan independen.

"Kami mendesak pemerintah Malaysia untuk merilis semua data radar militer, dari tanggal 7 dan 8 Maret, bahkan dengan basis non-disclosure, untuk penyelidikan independen,

sehingga kami dapat menghilangkan semua keraguan dari setiap pergerakan pesawat, yang hingga kini tidak kami ketahui," ujar Grace Nathan, salah satu keluarga korban Malaysia Airlines MH370, seperti dikutip dari the Associated Press.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved