Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Kamis 4 Maret 2021, Nehemia 7:68-69 : Diberkati Untuk Jadi Berkati

sejumlah orang Israel dipakai-Nya menjadi pejabat di lingkungan Istana Kekaisaran. Termasuk Nehemia yang menjadi kepala Juruminum raja.

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seluruh bangsa Israel yang pulang ke negerinya yang dicatat oleh Nehemia adalah, 49.942 orang, yang terdiri dari 42.360 jemaah, 7.337 budak laki-laki dan perempuan, juga ada 245 anggota paduan suara laki-laki dan perempuan.     

Ketika pulang, mereka membawa serta harta kelayaan yang dapat mereka angkut menurut kemampuannya. Yakni berupa 736 ekor kuda, 245 ekpr bagal, 435 ekor unta dan 6.720 ekor keledai.

Mereka juga mendapatkan emas, perak dan berbagai harta kekayaan yang diperoleh. Inilah yang menjadi bekal awal mula kehidupan mereka ketika pulang ke negerinya, setelah sekitar 70 tahun di buang ke Babel.

Mereka mendiami kota yang besar dengan penduduk yang sedikit dan harta kekayaan yang ada. Rumah-rumah penduduk juga belum dibangun.

Baca juga: Pria Tampan yang Dijuluki Biksu Terseksi di Dunia ini Diburu Militer Myanmar, Kini Hidupnya Terancam

Ketika membangun negeri itu, Nehemia mengumpulkan semua pemuka, penguasa dan rakyat membicarakan tentang pendataan dan penataan kota dan umatnya, demi kesejahteraan kota dan negeri mereka, baik Yerusalem maupun Yehuda.

Ilustrasi Renungan
Ilustrasi Renungan (internet)

Demikian firman Tuhan hari ini.
Mereka mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam ekor kuda, dua ratus empat puluh lima ekor bagal,
empat ratus tiga puluh lima ekor unta dan enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor keledai. (ayat 68, 69)

Begitulah kuasa kasih Allah. Meski Israel dibuang ke Babilonia dan ditawan oleh Nebukadnezar, akibat dosa dan kesalahan mereka, tapi Allah tetap tidak membiarkan mereka. Mereka tetap dipelihara, dilindungi dan diberkati Allah.

Itu terjadi ketika bangsa itu bertobat dan berlaku setia di tengah-tengah penderitaan mereka. Allahpun mengulurkan tangan, menolong dan menyelamatkan serta memberkati kehidupan mereka di perantauan secara luar biasa.

Allah pun memulangkan mereka dengan menggerakan hati Koresh hingga Artahsasta, Kaisar Persia. Oleh kasih Allah, mereka tidak pulang dengan tangan kosong.

Meski mereka pulang dari pembuangan dan tawanan yang membuat mereka diperbudak di negeri orang, namun Allah tidak mempermalukan mereka dengan pulang tangan hampa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved