Breaking News:

Vaksinasi Covid

368 Nakes Belum Balik Vaksinasi Sinovac Dosis Kedua, Satu Orang Masih Dilacak

Saat vaksinasi dosis kedua, baru 720 orang yang kembali. Sisanya 368 orang, masih menunggu kondisi kesehatan pulih.

tribunmanado.co.id/Rul Mantik
Kadis Diknas Minsel saat mengecek stok vaksin yang baru diterima, Kamis 4 Maret 2021. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 1.088 Tenaga Kesehatan (nakes) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sudah divaksin Covid-19 dosis pertama.

Namun, saat vaksinasi dosis kedua, baru 720 orang yang kembali. Sisanya 368 orang, masih menunggu kondisi kesehatan pulih.

Menurut petugas Gugus Tugas Covid-19 Minsel, Yunike Panambunan, ditundanya suntikan dosis kedua kepada beberapa orang terkendala situasi dan kondisi kesehatan yang bersangkutan.

"Sesuai prosedur, vaksinasi dosis pertama dan kedua harus berjarak 14 hari. Jika muncul gejala, ditunda 28 hari. Nah, yang belum divaksin dosis kedua, ada karena terjadi kontak erat dengan pasien positif Covid-19, ada juga karena tubuhnya kurang sehat tapi buka positif," ungkap Yunike, Kamis (4/3/2021) pagi.

Sementara, di antara 368 orang itu, ada satu orang yang belum ada pemberitahuan. Dinkes Minsel tengah berupaya melacak satu orang tersebut.

"Kami masih melacak satu orang karena tidak ada kabar. Kami harus cari tahu apa penyebabnya. Apakah dia sakit, terkendala halangan lain, atau positif. Akan dicari tahu," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Minsel, dr Erwin Schouten menjelaskan, pada program vaksinasi tahap pertama, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). 

"Target vaksinasi tahap ini sebanyak 1.191 orang. Namun, pada pelaksanaan penyuntikan dosis pertama, hanya 1.088 dosis yang terpakai," kata Schouten.

Dijelaskannya juga, vaksinasi tahap kedua sementara dipersuapkan. Jika vaksinasi pertama diprioritaskan buat tenaga kesehatan, sasaran tahap kedua akan berubah.

"Tahapan berikut, pemerintah menargetkan Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri, pelaku usaha, pelaku pariwisata, dan petugas pelayanan publik," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Rul Mantik
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved