Breaking News:

BNI Manado Kerja Sama dengan Kemendag RI dan Accor Group

Mudah-mudahan dengan penerapan protokol kesehatan yang baik di masa pandemi ini, industri perhotelan bisa tetap berjalan

Tribun Manado/Fernando Lumowa
Penandatanganan MoU BNI Manado, Kemendag dan Accor Group 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) bersama Accor Group (PT AAPC Indonesia) dan BNI Kanwil Manado bekerja sama untuk meningkatkan daya saing UMKM di Bumi Nyiur Melambai.

Hal tersebut diimplementasikan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang “Kerja Sama Pemberdayaan UMKM di Sektor Perdagangan Melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan dan Jasa Akomodasi, serta Penyediaan Layanan Perbankan

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Ida Rustini; Pinwil BNI Manado, Koko Prawira Butar-Butar; Senior Vice President PT AAPC Indonesia, Adi Satria yang diwakili Key Account Director, Corporate Sales - Indonesia, Helmy kurniawan dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Edwin Kindangen menandatangani Mou tersebut disaksikan Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga di Grand Kawanua Ballroom Novotel Manado, Kamis (25/02/2021).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut Kementerian Perdagangan dalam melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 yang mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Kegiatan ini untuk mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri, khususnya produk UMKM karya anak bangsa," jelasnya.

Implementasi dari kerja sama itu, Accor Indonesia sebagai pemilik jaringan hotel di Indonesia akan menjadi offtaker yang akan membeli produk-produk UMKM yang dibutuhkan dan terkurasi oleh jaringan perhotelan Accor group.

Sedangkan BNI sebagai lembaga keuangan akan memberikan dukungan layanan perbankan, termasuk pembinaan dan peningkatan kapasitas serta permodalan bagi UMKM yang menjadi mitra Accor.

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Ida Rustini menjelaskan, kerja sama ini sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk mengedepankan aspek-aspek kolaborasi dan sinergi, kreativitas, inovasi dan kecepatan’, serta beradaptasi dengan cara baru sebagai kunci mutlak diperlukan di era digital dalam menyelesaikan permasalahan pandemi Covid-19.

Ida bilang, ada 55 pelaku UMKM di Sulut yang diseleksi dan dikurasi. Hasilnya, ada tiga UMKM yang terpilih sebagai mitra Accor sekaligus berhak mendapatkan pembiayaan dari BNI.

Head of Networking and Services BNI Manado, Ferry Sinaga menjelaskan, peran BNI di era digital dalam pengembangan UMKM ialah dalam hal digitalisasi pembayaran.

Halaman
123
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved