Breaking News:

Vicky Lumentut Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Tongkonan

Pengurus cabang KKT Manado Pdt. Honny S Sirapanji mengapresiasi Pemkot Manado yang memfasilitasi pembangunan rumah tersebut

ist
Wali Kota Manado meletakan batu pertama 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Taman Budaya Manado di Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget adalah gagasan brilian Walikota Manado Vicky Lumentut.

Sebagai objek wisata, juga pengingat bahwa Manado dibangun di atas konsolidasi berbagai macam suku, agama dan keyakinan.

Taman itu adalah iktiar Vicky untuk menjaga kerukunan yang usianya sudah lama ada di Manado.

Dan pembangunan taman itu dimulai dengan sesuatu yang unik. Rumah Tongkonan yang merupakan rumah adat dari Toraja.

Vicky meletakkan batu pertama rumah itu Selasa (16/2/2021). Pembangunan rumah diprakasai oleh Kerukunan Keluarga Toraja (KKT).

Diketahui Tongkonan adalah rumah adat orang Toraja, yang merupakan tempat tinggal, kekuasaan adat, dan perkembangan kehidupan sosial budaya orang Toraja.

Arsitektur tongkonan dikenal dengan bentuknya yang khas melalui struktur bawah, tengah dan atas yang memiliki keindahan estetika struktur dan konstruksinya. Mekanika sistem struktur membentuk suatu sistem estetika arsitektural.

Tongkonan tidak lagi dijadikan rumah tempat tinggal tetapi sudah tidak dihuni lagi oleh karena setiap keluarga yang mendiami Tongkonan pada umumnya telah membangun rumah tinggal sendiri.

Rumah adat Tongkonan yang sarat dengan ukiran mengandung makna yaitu melambangkan status sosial pemilik Tongkonan menempati lapisan atas.
Vicky membeber, rumah Tongkonan adalah yang pertama dibangun pada area Taman budaya Manado.

"Ini merupakan tanda bahwa akan dimulainya pembangunan taman budaya dari berbagai suku di kota Manado," katanya.

Sebut Vicky, taman budaya Manado memiliki luas 9 hektare. Di dalamnya akan dibangun bangunan adat dari suku suku yang ada di Manado.

“Saya berharap taman budaya ini akan menjadi media untuk menjaga, melestarikan serta menumbuh-kembangkan budaya sebagai perekat kerukunan di kota Manado,” kata dia.

Pengurus cabang KKT Manado Pdt. Honny S Sirapanji mengapresiasi Pemkot Manado yang sudah memfasilitasi sarana pembangunan rumah tersebut. "Terima kasih kepada pak Walikota atas perhatiannya pada budaya kami," kata dia. (*)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved