Breaking News:

Pertalite

Daftar SPBU di Manado yang Jual Pertalite Setara Harga Bensin

Namun dengan program ini, harga Pertalite senilai harga bahan bakar premium yakni Rp 6.450 per liter.

fernando lumowa/tribun manado
Pengisian BBM di SPBU Sario Manado beberapa waktu lalu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga Kota Manado yang ingin menggunakan bahan bakar Pertalite dengan harga setara dengan bahan bakar premium, kini bisa mendapatkannya di beberapa SPBU di Kota Manado.

Harga Pertalite di Manado yang ditetapkan pemerintah yakni: Rp7.850. Namun dengan program ini, harga Pertalite senilai harga bahan bakar premium yakni Rp 6.450 per liter.

Pertalite dengan harga murah ini dihadirkan untuk warga Manado dengan Program Langit Biru.

Melalui program promosi tersebut, Pertamina mengajak masyarakat Kota Manado beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas setara Pertalite RON 90 untuk menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang karena penggunaan bahan bakar ber-oktan rendah setara Premium.

Seperti diketahui, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil-mobil keluaran terbaru menggunakan BBM dengan kadar oktan minimal 92.

Perlu diketahui, hanya tinggal 7 negara di dunia termasuk Indonesia yang masih menggunakan BBM dengan kadar oktan rendah setara RON 88 (Premium).

Tentunya hal ini menjelaskan adanya perhatian dunia untuk menurunkan kadar emisi dalam meningkatkan kualitas lingkungan khususnya menekan polusi udara.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, Program Langit Biru ini merupakan program edukasi dan promosi sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Laode menambahkan BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

Halaman
123
Editor: muhammad irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved