Breaking News:

Berita Bolmut

Mulai Disalurkan, Ini Kriteria Penerima BLT Dandes Tahun 2021 untuk Kabupaten Bolmut

PMD Bolmut menyebut untuk tahun 2021 ada dua kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

tribunmanado.co.id/Majer Lumantow
Kadis PMD Fadly Tadjudin Usup. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dandes akan mulai disalurkan kepada masyarakat desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Terkait hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolmut menyebut untuk tahun 2021 ada dua kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Jadi penerima BLT Dandes itu sebagaimana diatur dalam Permendesa PDTT 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa."

"Aturan lainnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 222 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa,” ungkap Kadis PMD Fadly Tadjudin Usup, Senin (8/2/2021).

Dijelaskannya, kriteria pertama penerima BLT Dandes yaitu termasuk dalam keluarga miskin atau keluarga tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan.

“Sedangkan Kriteria kedua bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, kartu prakerja, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan program Bansos pemerintah lainnya,” jelas Kadis PMD

Dikatakannya, tahun lalu karena terdampak Covid-19, sekarang karena sudah pakai kriteria miskin dan tidak mampu serta harus berdomisili di desa itu.

Selain itu, kata Usup, Sangadi atau Kepala Desa dan lembaga di desa yang berhak menetapkan siapa-siapa yang wajib menerima BLT DD, sebab merekalah yang paling paham menentukan dua kriteria tersebut. 

Apalagi untuk menentukan itu melalui Musyawarah Desa (Musdes).

“Sekarang kalau sudah diputuskan, siapa-siapa saja yang menerima dan dikeluarkan, artinya sudah ditanda tangani oleh semua lembaga, itu sudah hasilnya. Sebab sudah melalui Musdes, dan Musdes ini kan merupakan keputusan tertinggi,” pungkasnya. (Mjr).

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Selasa 9 Februari 2021, Daerah Potensi Hujan Lebat

Menyambut HPN ke-74 Pengadilan Militer dan PWI Sulut Gelar Penanaman Pohon dan Olahraga Bersama

Harapan Gadis Cantik Veren Rantung di HUT ke-12 Tribun Manado, Kenal Tribun Sejak Berdiri

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved