Breaking News:

Abu Janda

Ini Makna Evolusi yang Dicuitkan Abu Janda di Twitter Versi Ahli Bahasa

Kata tersebut ditujukan kepada mantan Komisioner Komnas Hak Azasi Manusia (HAM) Natalius Pigai.

Editor: muhammad irham
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Permadi Arya alias Abu Janda 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kata Evolusi yang dicuitkan oleh Permadi Arya atau Abu Janda di media sosial twitter, dipersoalkan oleh banyak pihak.

Kata tersebut ditujukan kepada mantan Komisioner Komnas Hak Azasi Manusia (HAM) Natalius Pigai.

Menurut ahli bahasa Indonesia dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Krisnajaya, soal diksi 'evolusi' dalam tweet Permadi Arya kepada mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengarah kepada evolusi manusia.

"Adapun unsur makna evolusi manusia itu sebagai pengetahuan umum adalah proses perubahan secara perlahan-lahan dari hewan menjadi manusia. Penggunaan kata evolusi tersebut memiliki perikutan makna evolusi manusia," kata Krisnajaya dalam keterangannya, Kamis (4/2/2021).

Namun, ahli bahasa yang pernah dihadirkan dalam perkara Buni Yani mengatakan, apakah tulisan pada media sosial bersesuaian maknanya dengan apa yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Misalnya, makna menimbulkan ujaran kebencian.

"Maka diperlukan fakta kebahasaan yang memadai (berupa perkataan maupun tulisan) bahwa benar sudah timbul suatu akibat berupa kebencian (perasaan sangat tidak suka) dari tulisan tersebut," tuturnya.

Kisnajaya menambahkan, apa yang menjadi dasar bagi kebencian dalam tulisan di media sosial tersebut.

Hal ini menurutnya harus dipastikan dahulu, sebab pengaturan pasalnya membatasi hanya pada suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Terpisah, Pakar Bahasa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Hilmi Akmal berpendapat, tweet 'Evolusi' Permadi Arya alias Abu Janda kepada mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai memperlihatkan ketidaksenangan dan merendahkan.

Hilmi mengulas, setidaknya terdapat dua proposisi interogatif, yakni pertama--dikutip dari tweet Abu Janda terhadap Natalius Pigai "Kau @Natalius Pigai2 apa kapasitas kau? dan yang kedua sudah selesai evolusi belum kau?.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved