Breaking News:

Tilang Elektronik

Kapan Tilang Elektronik Mulai Dilakukan? Ini Jawaban Polri

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan implementasi itu akan dilakukan pada Maret 2021 dengan membentuk Satgas E-TLE.

Editor: muhammad irham
KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA
Kawasan yang diawasi CCTV dalam program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dipasangi rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) tilang elektronik. Pantauan Kompas.com, dari empat lokasi penerapan tilang elektronik, baru persimpangan Sarinah dan Bundaran Senayan yang telah dipasangi RPPJ. Sementara dua wilayah lainnya yaitu Bundaran Patung Kuda dan simpang Harmoni belum terlihat adanya RPPJ, Selasa (2/10/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) yang dijanjikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo diketahui akan mulai berjalan dalam waktu dekat.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan implementasi itu akan dilakukan pada Maret 2021 dengan membentuk Satgas E-TLE.

"Salah satunya di bidang lalu lintas dan penegakan hukum berbasis IT, kami tindak lanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang kami sebut ETLE,” kata Istiono melansir laman NTMC Polri, Rabu (3/2).

Total, dikatakan Istiono ada 166 kamera CCTV yang dipasang di tiga Polda dan empat Polresta. Ketiga Polda tersebut yakni di Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Riau.

Sementara empat Polresta yakni Polresta Jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam dan Polresta Padang.

Adapun launching ETLE nasional tahap I akan dipimpin langsung oleh Kapolri pada 17 Maret 2021 di gedung Korlantas Polri dan diikuti oleh seluruh Dirlantas Polda se-Indonesia secara virtual.

"Nantinya ETLE nasional ini akan terpasang di seluruh jalan raya wilayah Indonesia. Pemerintah daerah juga akan mendukung langkah tersebut," tambah Istiono.

“Semua kan bertahap, dari Pemda juga dukung kami. Nanti tinggal disinkronkan saja,” terangnya.

Istiono melanjutkan, untuk Satgas ETLE Nasional akan dipimpin oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Kushariyanto, dengan wakilnya Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf.

"ETLE sendiri sebenarnya sudah digunakan di beberapa wilayah. Tilang elektronik ini mengandalkan kamera CCTV yang terpasang di jalan raya untuk mendeteksi pelanggar lalu lintas secara otomatis," tambahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved