Breaking News:

Berita Politik

PDI P Posting AA-RS Sebagai Paslon Terpilih, Bawaslu Manado Minta Hormati Proses di MK

KPU Manado sedang bersiap menghadapi sidang gugatan hasil pemilihan yang diajukan pasangan Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan Harley Mangindaan.

Penulis: Isvara Savitri
Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Postingan instagram PDI Perjuangan dan foto asli milik KPU Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Beredar kabar di media sosial bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado telah menetapkan pasangan calon (paslon) Andrei Angouw - Richard Sualang (AA-RS) sebagai pemenang Pilkada Manado 2020.

Awalnya kabar tersebut beredar di media sosial milik PDI-P menggunakan foto pendaftaran paslon hari pertama.

Padahal saat ini KPU Manado sedang bersiap menghadapi sidang gugatan hasil pemilihan yang diajukan pasangan Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan Harley Mangindaan (PAHAM) ke Mahkamah Konstitusi (MK) sehingga belum bisa mengumumkan paslon terpilih

Terkait hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manado mengimbau agar semua pihak menghormati proses yang sedang berjalan di MK.

"Bawaslu Manado juga akan menyampaikan kepada Pihak KPU agar bisa mengingatkan partai dan paslon agar tidak mempublikasi hal-hal yang belum dilakukan," ujar Komisioner Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih, Kamis (28/1/2021).

Meski tidak memiliki konsekuensi hukum apapun, Taufik mengatakan etikanya semua pihak tidak bisa mengklaim sesuatu yang belum ada keputusannya.

Bawaslu sendiri masih menelusuri apakah postingan tersebut resmi dari pihak partai dan paslon, atau apakah ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengklaim.

"Sekali lagi tolong hargai proses yang sedang berlangsung. Saat ini kami sedang meminta klarifikasi resmi dari pihak PDI Perjuangan," tutup Taufik.

Seperti kita ketahui bersama, paslon PAHAM menggugat karena merasa ada yang janggal dengan hasil pemungutan suara di Pilkada Manado 2020 lalu.

Sidang pendahuluan sendiri akan dilaksanakan pada Jumat (29/1/2021) dan KPU Manado dikabarkan berangkat hari ini ke Jakarta. (*)

Ramalan Zodiak Besok Jumat 29 Januari 2021, Virgo Pekerjaan Memuaskan, Leo Terus Konsentrasi

1900 Vaksin Covid-19 Akhirnya Tiba di Bolmut 

Astra Daihatsu Motor Produksi LCGC Produksi 1,1 Juta Unit Hanya dalam 1 Windu

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved