Breaking News:

Banjir di Sulut

Siau Barat Diterjang Banjir Bandang, Pihak Kepolisian Bantu Warga Bersihkan Material Sisa Banjir

Ketika siang hari, warga mendengar suara gemuruh dari arah pegunungan disusul terjangan air bercampur material batu, pasir, dan kayu.

Dokumentasi Humas Polda Sulut
Pihak kepolisian bersama warga membersihkan material sisa banjir. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Banjir bandang melanda Kampung Peling Lindongan II dan IV serta Kampung Peling Sawang Lindongan II dan III, Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Senin (25/1/2021) 

Hal ini disebabkan karena curah hujan tinggi sejak Senin pagi.

Ketika siang hari, warga mendengar suara gemuruh dari arah pegunungan disusul terjangan air bercampur material batu, pasir, dan kayu.

Mendapat laporan tersebut, Kapolres Kepulauan Sitaro Kompol H.O. Bingku dan Kapolsek Siau Barat Kompol Macky Bawengan beserta personel kepolisian lainnya segera mendatangi lokasi untuk membantu membersihkan sisa-sisa material banjir.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan adanya bencana alam tersebut. 

"Informasi diperoleh dari Polres Kepulauan Sitaro, tidak terdapat korban jiwa. Namun beberapa rumah warga mengalami kerusakan," ujarnya, Selasa (26/1/2021). 

Menurut laporan, di Kampung Peling Lindongan II dan IV terdapat 14 rumah warga yang rusak, 2 di antaranya rusak berat.

Karena kerusakan tersebut, terpaksa 35 KK yang terdiri dari 119 jiwa mengungsi sementara.

Sedangkan di Kampung Peling Sawang Lindongan II dan III, 12 rumah warga yang dihuni 45 jiwa tergenang air namun sudah surut beberapa saat usai banjir.

"Warga korban banjir bandang di Kampung Peling mengungsi di rumah saudara ataupun rumah warga lainnya yang lebih aman, di kampung setempat. Sedangkan warga Kampung Peling Sawang yang terdampak banjir bandang tidak mengungsi," jelas Jules. 

Selain merusak dan menggenangi rumah warga, banjir bandang juga mengakibatkan tertutupnya ruas jalan Kampung Peling Lindongan II dan IV sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor sementara waktu.

"Namun setelah dilakukan pembersihan oleh personel kepolisian bersama TNI dan warga sekitar, ruas jalan di kampung tersebut sudah kembali normal," kata Jules. 

Di Kampung Peling juga sudah didirikan dapur umum yang berada di Kantor Kampung Lindongan IV dan di Balai Kampung Lindongan II.

"Pihak kepolisian terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, TNI, BPBD, dan instansi terkait lainnya untuk melakukan upaya penanganan lanjutan pasca bencana. Warga diimbau tetap waspada guna mengantisipasi adanya bencana susulan," tutup Jules.

Hingga Selasa pagi, pihak kepolisian bersama warga pun masih terus membersihkan sisa-sisa material yang dibawa banjir.(*)

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 26 Januari 2021, Pisces Perlu Tetap Sabar dan Jangan Mudah Marah

Baca juga: Kesan dan Pesan Wali Kota Manado untuk Tribun Manado Jelang Hut ke-12: Maju Terus, Maju Bersinergi

Baca juga: Nikita Mirzani Kirim Truk Berisi Permen Jahe, Bantu Pasien Covid-19 di Wisma Atlet

Penulis: Isvara Savitri
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved