Breaking News:

Ekonomi dan Pertanian Sulut

Penanaman Perdana Kedelai Lokal berbasis Agro-Solution di Sulawesi Utara

Penanaman perdana ini merupakan wujud nyata dukungan para mitra kepada Kementerian Pertanian.

Istimewa
Penanaman kedelai 

TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Pupuk Kaltim selaku anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui skema kemitraan Agro-Solution berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Selain itu juga PT Pupuk Kaltim juga berkolaborasi dengan PT Dwitunggal Nusa Mandiri selaku Offtaker hasil budidaya, Koperasi Mega Manguni Hebat, serta CV Weane selaku distributor PT Pupuk Kaltim untuk melaksanakan penanaman perdana komoditas kedelai lokal pada Selasa 26 Januari 2021 tadi di Tontalete, Minahasa Utara (Minut) Sulut.

Penanaman Perdana Kedelai Lokal berbasis Agro-Solution di Sulawesi Utara
Penanaman Perdana Kedelai Lokal berbasis Agro-Solution di Sulawesi Utara (Istimewa)

Penanaman perdana ini merupakan wujud nyata dukungan para mitra kepada Kementerian Pertanian.

Ini dalam rangka percepatan penanaman kedelai lokal dalam kurun waktu 200 hari ke depan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Ir Novly Wowiling MSi, mengharapkan dengan dimulainya penanaman perdana di Tontalete ini, menjadi tonggak awal kebangkitan kedele nasional.

"Diharapkan produktivitas kedelai lokal mencapai minimal 2 ton per hektar, dan ini merupakan indikator keberhasilan program ini," kata Novly.

Dan untuk mencapainya lanjut Novly, perlu pengawalan.

Baca juga: SIER Buka Lowongan Kerja Terbaru, Cari Banyak Posisi,Terima Mulai Lulusan SMK, Begini Cara Daftar

"Dari proses olah lahan, penanaman benih, pemupukan, pengelolaan hama dan pengairan, serta pengelolaan pasca panen nanti," terangnya.

Oleh karena itu dengan agro-solution multi-pihak ini, diharapkan mampu mencapai target  demi ketahanan pangan nasional."

Senada dengan Kepala Dinas, PT Pupuk Kaltim yang diwakili oleh Staf Pemasaran Sulawesi 3, Deny Indra Pertama berharap Agro-solution ini merupakan solusi holistik bagi petani dan pertanian nasional yang merupakan kerjasama multi-pihak dari perbankan, offtaker atau pembeli hasil tani, dinas pertanian setempat, asuransi, distributor produk pertanian, hingga koperasi atau bumdes.

Halaman
12
Penulis: Tim Tribun Manado
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved