Breaking News:

Kasus Covid19

Kasus Covid-19 Bolmut Bertambah 18 Orang, Dinkes Maksimalkan Tracking Kontak Erat Pasien Positif

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali ketambahan pasien terkonfirmasi Positif Covid-19. 

Satgas Covid-19 Bolmut
Peta Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bolmut, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali ketambahan pasien terkonfirmasi Positif Covid-19. 

Dari Hasil Tracing dan Tracking Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bolmut ke-18 kasus diatas merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi dan hasil kegiatan surveilans aktif covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta mengatakan bahwa 12 kasus diantaranya memiliki riwayat perjalanan dari zona merah. 

"Jadi 18 kasus di atas telah diumumkan secara resmi melalui Siaran Pers Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 20  Januari 2021," jelas Mokoginta kepada Tribun Manado.

Dikatakan Mokoginta, 18 kasus positif tersebut sebelumnya dilakukan Rapid antigen dan hasilnya dari ratusan yang diperiksa didapatkan Positif 19 orang. Dari  19 orang ini dilakukan SWAB lagi dan dikirim ke manado untuk PCR, hasilnya 18 orang terkonfirmasi positif. 

"Artinya Dinkes telah menjaring semua yang positif untuk dilakukan treatment yakni isolasi mandiri semuanya. Tujuannya agar rantai penularannya dapat diputuskan," ungkap Mokoginta. 

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG Hari Ini: 14 Wilayah Berpotensi Terjadi Hujan Petir dan Angin Kencang

Baca juga: Sudah 2 Kali Dinyatakan Meninggal, Pria Ini Hidup Lagi, Ternyata Ini Penyebabnya!

Lanjutnya, 18 orang yang bersangkutan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dan diawasi dengan pemantauan ketat dari Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bolmut.

"Jadi dengan adanya 18 kasus positif covid-19 di Bolmit, langkah-langkah yang terus dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 untuk memutus rantai penularan yakni dengan melakukan tracking dan tracing Kontak erat resiko tinggi pasien positif, mengisolasi kontak erat, serta melakukan pengambilan swab PCR," jelas Mokoginta.

"Kita juga intensif melakukan penyemproten desinfektan di sejumlah tempat yang menjadi kluster penyebaran virus, khususnya di fasilitas kesehatan dan perkantoran," papar Kadis Kesehatan Bolmut

Dirinya juga mengatakan untuk Kontak Erat Resiko Tinggi ada 36 orang, jumlah KERT tersebut adalah akumulasi dari KERT seluruh pasien terkonfirmasi positif dan masih menunggu hasil swab.

Halaman
123
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Majer Lumantow
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved