Breaking News:

Berita Kotamobagu

Pemkot Kotamobagu Diajari Cara Optimalkan PAD dari Dana Perimbangan, Nayodo: Kunci Utama Sukses

Seluruh pejabat Pratama dan organisasi perangkat daerah Kota Kotamobagu diberikan cara melakukan optimalisasi pendapatan daerah yang bersumber.

Ist
Pemkot Kotamobagu Diajari Cara Optimalkan PAD dari Dana Perimbangan di Hotel Sutanradja Kotamobagu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Seluruh pejabat Pratama dan organisasi perangkat daerah Kota Kotamobagu diberikan cara melakukan optimalisasi pendapatan daerah yang bersumber dari dana perimbangan Pemkot Kotamobagu, dalam sebuah sosialisasi, di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Kamis (17/12/2020).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan dan menghadirkan Dalam acara tersebut sebagai narasumber Drs Sofyan Maradjabessy Kasubdit Fasilitasi Dana Bagi Hasil dan Alokasi Dana Umum, Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Hadir seluruh pejabat Pratama Kotamobagu, perwakilan BPS Kotamobagu, dan jajaran Pemkot Kotamobagu.

Wakil Walikota Kotamobagu dalam sambutan menyampaikan bahwa keberhasilan menyusun data yang valid, merupakan sebuah kunci utama suksesnya pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kotamobagu mulai tahun 2020, melakukan pendekatan realistis dengan menyinergikan antara data pusat dan data daerah, dalam rangka untuk proyeksikan kebutuhan riil belanja daerah yang disandingkan dengan data perolehan kondisi faktual pemerintah daerah dengan hasil observasi pusat.

"Data sangat penting dan diperlukan organisasi perangkat daerah dalam menunjang urusan pemerintahan sesuai amanat peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah," ujar dia.

Adanya sosialisasi tersebut untuk melakukan sinergitas dalam tataran lokal, terkait dalam metode pengambilan data, variabel data, dan model analisa data, dalam rangka optimalisasi dana perimbangan pada pemerintah daerah Kotamobagu.

Dengan adanya senergitas data, dapat tersusun dokumen inventarisasi dan identifikasi data dasar pemenuhan variabel dan indikator di bidang dana perimbangan keuangan pemerintah Kotamobagu.

Sementara itu, Sugiarto Yunus Kepala BPKAD Kotamobagu menjelaskan, bahwa perbaikan data merupakan upaya untuk menaikan pendapat daerah melalui DID dan DAU.

"Kita akan tindaklanjuti dengan asistensi dari mereka untuk menaikan data dasar," jelasnya. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Vendi Lera
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved