Breaking News:

Pemungutan Suara di Minut

Bawaslu Rekomendasikan Tujuh TPS di Minut Lakukan PSU

Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), telah merekomendasikan tujuh TPS di Minut, untuk kembali melakukan PSU

Penulis: | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Simon Awuy 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), telah merekomendasikan sedikitnya tujuh TPS di Minut, untuk kembali melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Berdasarkan surat rekomendasi No:023/Rekom/K.SA.11/XII/2020, ketujuh TPS tersebut yakni di Kelurahan Airmadidi Atas TPS 1 dan 14, Kelurahan Saronsong 1 TPS 2, Desa Mapanget TPS 7, Desa Tambun TPS 1, Desa Wawunian TPS 1 dan 2 serta Desa Palaes TPS 1

Ketua Bawaslu Minut, Simon H Awuy dalam surat rekomendasinya menerangkan dari tujuh TPS yang direkomendasikan PSU,

ada dua TPS yang kedapatan lebih dari seorang pemilih yang tidak terdaftar sebagai pemilih mendapat kesempatan memberikan suara, yakni di Kelurahan Airmadidi Atas TPS 1 dan 14.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bitung Resmi Sandang Predikat Senpai

Baca juga: Makna Berpolitik Bagi HJP Adalah Menjadi Berkat, Yakini Waktu Tuhan Pasti Terbaik

Baca juga: Kisah Marielle, Dulu Pramugari Kini Jualan Alpukat, Kena PHK Karena Pandemi Covid-19

"Sedangkan untuk lima TPS lainnya yakni di Kelurahan Saronsong 1 TPS 2, Desa Mapanget TPS 7, Desa Tambun TPS 1, Desa Wawunian TPS 1 dan 2 serta Desa Palaes TPS 1, kedapatan adanya pembukaan kotak dan penghitungan suara yang tidak dilakukan sesuai tata cara yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Dimana lanjut dia, kesalahan yang dilakukan adalah proses penghitungan surat suara dilakukan terbalik, didahului dengan penghitungan surat suara bupati bukan surat suara gubernur.

"Rekomendasi ini merupakan bentuk tindak lanjut dari hasil penelitian dan pemeriksaan Panwaslu Kecamatan Airmadidi, Talawaan dan Likupang Barat pada laporan hasil pengawasan (LHP) pengawas tempat pemungutan suara," ujar dia.

Awuy mengatakan rekomendasi tersebut juga sudah berdasarkan pleno pada 11 Desember lalu sehingga diharapkan dapat segera ditindak lanjuti. (drp)

Baca juga: Masuk Kantor Usai Cuti Kampanye, Bupati Boltim Kembalikan Mat Sunardi Jabat Dinas Pertanian

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved